Pengertian Ilmu Pendidikan

A. Pengertian Ilmu Pendidikan
Ilmu Pendidikan adalah Ilmu yang mempelajari serta memproses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang di usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Pelatihan tersebut bisa berupa proses, cara, atau pembuatan mendidik.
Definisi yang terpenting:
1 Meningkatkan pengetahuan, pengertian, kesadaran, dan toleransi
2 Meningkatkan “Questioning skills” dan kemampuan menganalisakan sesuatu termasuk pendidikannya
3 Meningkatkan kedewasaan individu
Sehingga ilmu pengetahuan adalah suatu uraian yang sistematis  tentang suatu hal atau masalah dengan syarat ilmu pengetahuan memiliki objek. Adapun obyek ilmu pengetahuan adalah objek material dan objek formal.
B. Objek Material dan Objek Formal Ilmu Pendidikan
 Objek matrial ilmu pendidikan adalah hal atau bahan yang menjadi sasaran suatu ilmu pengetahuan,
 objek formal ilmu pendidikan adalah sudut pembahasan suatu ilmu pengetahuan,
Kedua Objek ilmu pendidikan ini memiliki keterkaitan. Misalnya ilmu sosial dan ilmu psikologi yang kedua macam ilmu pengetahuan itu mempunyai objek material sama yaitu manusia, akan tetapi obyek formalnya berbeda. Ilmu social membahas manusia dari sudut pembahasan kehidupan individu dan interaksinya antar masyarakat sedangkan ilmu psikologi membahas manusia dari sudut pembahasa jiwa dan pikiran dari individu itu sendiri. Oleh karena itu obyek material (sasaran yang dipelajari) ilmu pengetahuan dapat sama sedang obyek formalnya (sudut pembahasannya) berbeda.

Popular posts from this blog

Kode Singkatan Komponen Listrik Dan Elektronik

Cara Mengatasi E31 Canon MP258

Cara Mengukur Trimpot