Pages

Kamis, 02 Mei 2013

Masalah yang sering muncul di Ponsel ber-OS Symbian dan bisa diatasi dengan Hardreset

Beberapa hari ini banyak sekali masalah yang terjadi pada Ponsel Nokia E63 milik saya. Mulai dari tidak dapat membuka galery video, tidak dapat membuat cadangan kontak, tidak dapat membuat file back up data via PC Suite, tidak dapat di hack, dan yang paling parah tidak dapat menginstall aplikasi, serta masih ada beberapa masalah yang muncul terus menerus hinggap di Nokia E63 milik saya ini. Ingin tahu bagaimana cara mengatasinya?
Hampir semua masalah yang pernah di tanyakan oleh sahabat lewat komentar-komentar di blog ini saya alami sendiri di beberapa hari ini. Jika masalah-masalah seperti itu terjadi kepada sahabat sekalian, saya hanya menyarankan satu hal, yaitu lakukan Hardreset pada ponsel. Itu cara terakhir yang biasa saya gunakan untuk mengatasi kalau ponsel Symbian saya sudah mulai sakit-sakitan.
Apa sich sebenarnya fungsi dari Hardreset?
Dengan melakukan Hardreset, maka system Ponsel akan kembali seperti ponsel baru. Semua file system tertata kembali seperti semula.
Sisi Positif dari Hardreset?
Sisi positifnya, semua gangguan yang ada karena system error selama penggunaan akan hilang, dan ponsel kembali ke kondisi sehat.
Sisi negatifnya?
Semua aplikasi dan data yang terinstall di memori internal ponsel akan terhapus. Karena itu saya sarankan membuat cadangan data-data penting terlebih dahulu sebelum melakukan hardreset.
Bagaimana melakukan Hardreset?
Cukup tekan *#7370# dari layar Standby, maka akan muncul notifikasi “Kembali ke pengaturan awal? Telepon akan melakukan restart”. Klik “Ya”, lalu masukkan kode ponsel kita, jika kode belum pernah di ubah, maka masukkan 12345.
Apa semua masalah pada ponsel akan teratasi setelah melakukan Hardreset?
Kalau masalah yang ada tersebut adalah sudah ada sejak awal ponsel keluar dari pabrik, maka masalah tersebut tidak akan teratasi. Contohnya, pada Nokia 6120 Classic versi firmware lama, ketika kita menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa ponsel. Saat kita browsing menggunakan browser bawaan ponsel, maka tulisannya di halaman web akan kotak-kotak. Masalah seperti itu sudah ada sejak ponsel keluar, maka Hardreset tidak akan dapat mengatasi masalah tersebut. Yang bisa mengatasinya adalah ketika kita melakukan update firmware terbaru.
Masalah yang terjadi karena kerusakan Hardware (perangkat keras) ponsel juga tidak dapat teratasi oleh hardreset. Misalnya ketika IC Sinyal kita sudah lemah atau hampir rusak, maka ponsel kita akan menjadi kurang peka terhadap sinyal. Kerusakan atau masalah seperti ini juga tidak akan teratasi oleh Hardreset.
Lalu masalah apa saja yang dapat teratasi setelah kita melakukan Hardreset?
Masalah yang teratasi adalah masalah-masalah gangguan system. Dimana biasanya ditandai dengan tidak terlaksananya perintah-perintah yang dulu bisa berjalan lancar. Misalnya seperti masalah-masalah yang saya alami, tidak dapat menginstall semua aplikasi, tidak dapat membuka galery video, tidak dapat membuat cadangan kontak, tidak dapat membuat file back up data via PC Suite, tidak dapat di hack, system mulai lambat, dan masih ada beberapa masalah-masalah lainnya. Kemarin karena Ponsel saya sudah sakit-sakitan, akhirnya saya putuskan untuk melakukan Hardreset. Tapi hasilnya tak kunjung juga sembuh, masih sering error. Tapi tadi setelah 3X Hardreset, akhirnya bisa juga di Hack.
Ponsel sering restart apakah bisa di tangani dengan Hardreset?
Kalau masalah ponsel sering restart, bisa terjadi karena beberapa kemungkinan. Pertama, kalau hal itu sudah terjadi sejak pertama kali kita membeli ponsel, maka bisa dikatakan bahwa versi firmwarenya kurang stabil. Yang perlu kita lakukan adalah melakukan update firmware jika telah tersedia firmware terbaru.
Kalau masalah itu terjadi setelah pemakaian beberapa lama, bisa di katakan sudah terjadi gangguan pada systemnya. Lakukan hardreset untuk memulihkannya kembali. Tapi kadang masalah tersebut juga bisa terjadi karena hardware atau perangkat kerasnya sudah mulai rusak.
Apa yang harus kita lakukan kalau Hardreset sudah tak sanggup lagi mengatasi semua masalah kesalahan system yang terjadi di Ponsel Symbian kita?
Kalau ponsel kita sudah sering banget rewel dengan segala kesalahan system yang terjadi, dan ketika Hardreset tidak sanggup lagi menyelesaikannya. Maka hanya ada satu cara untuk mengatasinya. Yaitu, mulailah menabung dan bersiap-siap beli ponsel baru.

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik