Pages

Sabtu, 04 Mei 2013

Faktor keberhasilan dan kegagalan usaha

Setiap usaha yang dilakukan oleh wirausaha  tentunya tidak terlepas dari keberhasilan dan kegalalan
Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan wirausaha yaitu :

a.    Faktor Manusia

Manusia dianugerahi cipta, rasa dan karsa yang membuat manusia selalu berfikir dan produktif  untuk menciptakan suatu karya yang dapat berguna bagi orang lain atau konsumen didukung dengan sikap wirausahawan tidak mudah putus asa, pantang menyerah, berani mengambil resiko dan komitmen yang kuat usaha yang dijalankan akan berhasil.

b.    Faktor Manajemen
Manajemen merupakan proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui rangkaian kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian orang-orang serta sumber daya organisasi lainnya yaitu men (manusia), materials (bahan produksi) dan machines (mesin).
c.    Faktor Perencanaan
Perencanaan dalam suatu usaha berguna untuk mematangkan sasaran dan tujuan perusahaan yang telah ditetapkan. Perencanaan meliputi jenis produk, jumlah produk, jumlah karyawan, modal yang dibutuhkan, cara dan daerah pemasaran produk.

d.    Faktor Modal dan Keuangan
Modal tidak saja dalam bentuk uang dapat berwujud alat-alat, barang dan manusia. Modal perusahaan dapat  berasal dari modal sendiri maupun dari luar perusahaan  berupa pinjaman kepada pihak lain. Keuangan dibutuhkan bagi kegiatan operasional perusahaan perlu dibuatkan data keuangan yang baik dan terperinci.
Faktor-faktor penyebab kegagalan wirausaha
Penyebab sumber kegagalan dalam menjalankan usaha adalah
1.    Kurang  memiliki kemampuan manajemen
Tidak memiliki kemampuan dan pengetahuan dalam mengelola usaha merupakan faktor penyebab kegagalan. Wirausaha yang mudah menyerah, setengah setengah dalam berusaha, tidak sistematis dalam membuat perencanaan terburu-buru dan kurang perhitungan dalam mengambil keputusan.
2.    Kurang memiliki kemampuan tehnik
Wirausaha harus mampu mengoperasikan peralatan yang dimiliki secara efektif dan efisien, peralatan yang dimiliki harus selalu diawasi. Kurangnya pengalaman dalam menghadapi kegagalan dan keberhasilan dapat membuat usaha yang baru dijalankan mudah goyah diterjang persaingan
3.    Kurang memiliki kemampuan finansial 
Permodalan yang semu, penggunaan keuangan yang tidak terpisah antara kepentingan perusahaan  dengan kepentingan pribadi menjadi awal kegagalan usaha. Wirausaha yang tidak mempunyai data keuangan yang baik antara pendapatan rutin bulanan, penjualan dan penggunaan bahan baku akan menyebabkan penyimpangan  keuangan tanpa diketahui oleh wirausaha. 
4.    Kurang memiliki kemampuan pemasaran
Pemasaran yang diterapkan secara tradisional tidak mempunyai rencana pemasaran, rencana usaha atau bisnis plan, rencana usahanya tidak dapat dijadwalkan dan dipacu untuk dicapai akan rentan terhadap perebutan pelangganan oleh pesaing.

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik