Pages

Kamis, 02 Mei 2013

Daftar Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada HP Nokia N70


Berikut ini adalah beberapa daftar kerusakan yang sering terjadi pada hp Nokia N70. Daftar kerusakan ini merupakan serangkaian kumpulan dari pengalaman-pengalaman pengguna Nokia N70. Bukan berarti dengan adanya daftar kerusakan pada hp Nokia N70 ini mengindikasikan bahwa hp Nokia rentan kerusakan. Saya sendiri menggunakan hp Nokia dan Alhamdulliah tidak pernah rewel.
1. Saklar on off.
Komponen ini berfungsi untuk menyalakan dan mematikan handphone. Bila komponen ini bermasalah, bisa menyebabkan handphone tidak bisa menyala.

2. Kamera depan
Pada handphone N70, terdapat dua kamera. Bila modul ini bermasalah, kamera depan tidak berfungsi normal.

3. Level Shifter
IC ini berfungsi untuk mangatur jalannya data dari kamera depan ke CPU. Bila rusak, akan mengakibatkan terganggunya fungsi kamera depan sehingga tidak bisa diaktifkan.

4. Kamera regulator
Sebuah kamera memerlukan tegangan untuk bisa bekerja. Salah satu tegangan kerja untuk kamera belakang dihasilkan oleh komponen ini. Jika komponen ini rusak, bisa mengakibatkan kegagalan fungsi kamera belakang.

5. Konektor LCD
LCD(Liquid Crystal Display) adalah sebuah modul untuk menampilkan tampilan gambar maupun tulisan pada sebuah handphone. Terdapat sebuah konektor yang menghubungkan modul tersebut dengan si Board handphone. Bila konektor ini tidak baik hubungannya, maka tampilan gambar atau tulisan bisa terganggu. Gejala LCD Blank, tampilan gambar dan tulisan yang tidak beraturan, bisa diakibatkan kerusakan konektor ini.

6. Antistatic filter.
Filter ini berguna untuk melindungi IC tertentu dari listrik statis. Pada sebuah handphone banyak terdapat komponen ini. Anti statis no 6 ini fungsinya untuk melindungi CPU dari listrik statis yang mungkin masuk melalui konektor LCD. Kalau IC ini rusak, bisa menyebabkan LCD blank, tulisan atau gambar tidak beraturan.

7. Kumparan
Kumparan merupakan gulungan kawat email. Kumparan ini adalah bagian dari suatu rangkaian DC/DC converter yang berfungsi untuk menaikan tegangan DC dari 3,6 volt menjadi belasan volt. Bila kumparan ini putus, akan mengakibatkan tidak menyalanya lampu LCD maupun lampu keypad.

8. 64 Mbit NOR Flash
Adalah subuah IC Flash dengan kapasitas 64 Mbit. IC Flash menyimpan program-program yang harus dijalankan oleh CPU. Kerusakan IC Flash ada dua, kerusakan hardware, dan software. Kerusakan hardware adalah kerusakan pada IC itu sendiri, kerusakan software terjadi bila isi program terhapus atau berubah secara tidak sengaja. Kedua kerusakan ini menghasilkan tidak normalnya handphone, seperti hanphone mati total, hang, LCD blank, tidak ada signal, handphone terkunci, dan masih banyak lagi.
Cara perbaikannya, bila terjadi kerusakan software adalah dengan melakukan proses flashing.

9. IC TK65600B
IC ini adalah IC untuk menaikkan level tegangan DC. Bila IC ini rusak, bisa menyebabkan lampu pada layar maupun keypad handphone tidak menyala.

10. Back up Batere
Atau sering disebut dengan batere jam. Batere ini berfungsi untuk menjaga agar jam tetap aktif ketika batere handphone dilepas. Kerusakan pada batere ini tidak menyebabkan jam menjadi lambat, tetapi ketika batere handphone dilepas, kemudian dipasang kembali, kita harus mengatur kembali jam.

11. RAP 3G
Singkatan dari Radio Aplication Processor. Merupakan satu dari dua CPU yang ada di handphone BB5. Fungsi dari CPU ini tentu mengendalikan kinerja dari si hanphone, tetapi salah satu fungsi utamanya adalah mengontrol, mengolah data bagian radio dari hanphone. Bila CPU ini rusak, atau bagian dari CPU ini rusak, handphone bisa mati total, tidak ada signal, dan lain lain.

12. OMAP
Singkatan dari Open Multimedia Application Platform. Adalah CPU kedua dari sebuah handphone generasi BB5. OMAP ini juga sering disebut APE( Aplication Phone Engine). Fungsi CPU ini berbeda dengan RAP 3G. CPU ini lebih menitik beratkan pada kerja aplikasi yang ada pada handphone seperti kamera, bluetooth, LCD, Keypad, MMC, dan lain-lain. Jadi bila CPU ini bermasalah, atau bagian dari CPU ini rusak, akan menyebabkan mati total, keypad tidak bisa ditekan, Bluetooth error, MMC problem, kamera tidak berfungsi, LCD blank, dan lain lain.

13. 64 Mbit SDRAM
RAM singkatan dari Random Access Memory, adalah memory kerja CPU yang bersifat sementara dan tidak bisa menyimpan data secara permanent, bila tegangan kerja RAM hilang, bersamaan dengan itu data yang ada di RAM pun turut hilang. Bila RAM ini rusak, umumnya handphone mati total, tidak bisa diprogram ulang.

14. Konektor keyboard
Konektor ini menghubungkan handphone dengan modul keyboard. Sering kali konektor ini tidak baik kondisinya, mengakibatkan sebagian tombol tidak bisa ditekan, masalah pada lampu keypad.

15. Osilator kristal 32 Khz
Komponen ini adalah sebuah osilator jenis kristal yang berfungsi menghasilkan satu gelombang dengan frekuensi 32768 Hz. Bila komponen ini bermasalah bisa mengakibatkan tidak normalnya handphone, seperti handphone tidak bisa menyala, masalah pada jam hanphone, dan lain lain

16. RETU
ini adalah salah satu dari dua IC power yang ada di handphone jenis BB5. Kerusakan pada IC ini bisa menyebabkan handphone mati total, tidak bisa mendapat jaringan, No network, tidak bisa membaca kartu, tidak bisa membaca MMC, gangguan pada audio, dan lain lain.

17. Combo Memory
Memory jenis ini merupakan gabungan dari Flash 256 Mbit dengan 256 Mbit RAM. Memory ini memiliki kapasitas yang cukup besar. Isi dari memory ini adalah menyimpan data data berupa program untuk menjalankan CPU OMAP. Tidak normalnya isi program pada combo memory ini akan menyebabkan banyak jenis kerusakan. Salah satu yang sering terjadi adalah LCD blank.

18. Anti statis
Anti statis yang fungsinya untuk melindungi IC dari listrik statis kali ini dipakai untuk melindungi CPU dari listrik statis yang mungkin masuk melalui konektor keypad. Jadi bila IC ini rusak bisa menyebabkan tidak berfungsinya keypad, atau sering disebut juga dengan istilah “keypad hank”

19. Rangkaian LM 2708
Rangkain IC ini membentuk suatu rangkaian SMPS(Switch Mode Power Supply). Atau rangkaian power supply dengan sistim switching. Rangkaian ini menghasilkan satu tegangan sebesar 1,4 Volt yang disebut dengan Vcore A. Tegangan ini adalah tegangan kerja untuk CPU OMAP. Jadi bila ada masalah pada rangkaian ini, OMAP tidak bekerja normal, handphnone akan mati total.

20. Konektor antenna WCDMA
Handphone BB5 seperti handphone N70 memiliki dua sistem, GSM dan WCDMA. Konektor antenna WCDMA ini bila kotor atau bad connect akan menyebabkan terjadi gangguan signal pada jaringan WCDMA.

21. Konektor Buzzer
Buzzer adalah komponen untuk menghasilkan suara dering pada handphone. Bila konektor ini kotor, maka ada gangguan pada suara dering.

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik