Pages

Rabu, 02 Oktober 2013

Toshiba Satelite A 100 Tidak bisa booting




Pertanyaan: laptop Saya Toshiba Satelite A 100 Tidak bisa booting sama sekali, indikator batere dan Charging menyala kalo di cas. Power menyala kalau dihidupkan tapi tidak bisa terus dan hanya blank. Sudah saya tanyakan ke tukang servis katanya kena motherboard nya. Harus ganti katanya. Gimana solusinya bila tanpa harus mengganti motherboard nya ?
Jawaban: Sebetulnya bukan hanya kerusakan Maiboard yang bisa membuat blank, kerusakan Processor juga kasusnya blank. Beberapa hal penting;
1. Apakah BIOS masih bisa diakses, artinya POST test masih jalan (contohnya masih muncul tulisan putih pada layar hitam)
2. Jika nomor satu diatas masih ada tetapi ketika akan masuk windows layar jadi blank, maka bukan mainboardnya yg rusak.
3. Jika nomor 1 diatas masih jalan maka lebih baik install ulang dulu sistem operasinya
4. Jika nomor 1 diatas sudah tidak ada, artinya ketika power ditekan langsung blank, maka ada 3 kemungkinan kerusakan: Mainboard,
processor atau memory.
5. Pastikan dimana masalahnya sesuai penjelasan sy diatas.
CATATAN: Sebaiknya anda bisa melakukaan tes sendiri karena jika tidak maka apa yang saya jelaskan diatas tidak dapat membantu anda dan pada akhirnya anda ikut saja dengan apa kata tukang service. Hampir semua tukang servis ingin mencari jalan pintas (mengganti dgn yg baru)

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik