Pages

Rabu, 03 Juli 2013

Setting RemoteApp / Seamless Application di Windows 7 Virtual PC

Pada artikel Setting Windows Virtual PC & XP Mode di Windows 7 InfoTeknologi menjelaskan bahwa program Windows Virtual PC versi terbaru tidak lagi memerlukan prosessor yang mendukung teknologi Hardware Virtualization.
Pertanyaan kemudian muncul dari salah seorang pembaca yang menanyakan bagaimana cara mengaktifkan fitur RemoteApp / Seamless Application di Windows Virtual PC supaya applikasi di OS virtual dapat langsung dijalankan dari desktop Windows 7, maka artikel ini pun dibuat supaya dapat memperjelas.

Cara setting RemoteApp / Seamless Application di Virtual PC:

  • Download update untuk mengaktifkan fitur ini http://go.microsoft.com/fwlink/?LinkId=140339 (untuk Windows XP) atau http://go.microsoft.com/fwlink/?LinkId=140340 (Untuk Windows Vista)
  • Install Integration Components package dengan cara menjalankan terlebih dahulu Windows Virtual PC setelah itu pilih menu  Tools > Enable Integration Features
remote app dan seamless application di VPC
  • Setelah itu di Settings di bagian Integration Features, aktifkan pilihan yang sesuai kebutuhan anda.
setting remote apps di VPC untuk XP mode
  • Masih di halaman Settings aktifkan juga pilihan Auto Publish (Untuk membuat shortcut otomatis di Windows 7 setelah anda menginstall program di OS Virtual, lokasi shortcut akan terdapat di  Start menu, All Programs, Windows Virtual PC

Yang perlu diperhatikan untuk penggunaan fitur RemoteApp:

1. OS Virtual yang didukung untuk menggunakan fitur “RemoteApp” hanya Windows XP Professional SP 3, Windows Vista Enterprise SP 1, Windows Vista Ultimate Service Pack 1, Windows 7 Enterprise, atau Windows 7 Ultimate (telah saya test di Windows Server 2003 dan tidak bisa digunakan)
2. Fitur Remote App cocok untuk aplikasi perkantoran, mengetik, dan sejenis yang tidak kompatibel dengan Windows 7, namun tidak bisa digunakan untuk aplikasi seperti game 3D. (Karena fitur ini pada dasarnya hanya menggunakan Remote Desktop, sehingga resource yang digunakan adalah yang terinstall dan terkonfigurasi di Virtual PC bukan resource komputer host)
3. Beberapa aplikasi saat diinstall di OS Virtual tidak otomatis menaruh shortcut di Windows 7 sehingga shortcut applikasi harus dibuat secara manual (Drag and drop shortcut dari OS Virtual ke %systemdrive%Documents and SettingsAll UsersStart MenuPrograms)
4. Bila ingin menggunakan aplikasi yang terinstall di OS Virtual PC dari Windows 7, pastikan Microsoft Virtual PC sedang tidak aktif.

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik