Microsoft Kembangkan Layar Sentuh 3D yang Bisa Dirasakan

Microsoft sudah menerbitkan rincian tentang layar sentuh tiga dimensi yang bisa dirasakan dan dimainkan. Proyek tersebut mengombinasikan TV layar datar LCD dengan sensor dan lengan robot yang bisa bergerak ke depan maupun ke belakang.

Dengan mengendalikan seberapa besar resistensi dari sentuhan jari, pengguna bisa melakukan simulasi bentuk dan berat dari benda yang ditayangkan dalam layar TV.

Jika pengguna menyentuh prototipe, layar akan memberi tekanan dengan kekuatan sinar untuk memastikan jari pengguna tetap melakukan kontak dengan layar.

Pengguna kemudian bisa menekan lebih keras dan lengan robot akan otomatis menarik layar ke belakang dengan gerakan yang lembut dan jika jari ditarik, layar robot kembali bergerak ke depan.

Pada saat yang bersamaan, komputer akan menyesuaikan ukuran dan perspektif dari gambar di layar untuk menghasilkan efek 3D. Microsoft mengatakan peralatan layar sentuh 3D bisa digunakan untuk dunia kesehatan.

Adapun cara untuk menghasilkan rasa sentuhan di jari adalah dengan cara menyesuaikan resistensi dari kekuatan umpan balik. "Ketika jari menekan layar, indra bergabung dengan penglihatan stereo. Jika kita melakukan konvergensi dengan tepat dan menggunakan visual secara konstan, mereka akan berkorespondensi dengan persepsi dalam jari," tutur peneliti senior Mircrosoft Michael Pahud.

"Dan ini cukup bagi otak untuk menerima dunia maya sebagai kenyataan," kata Pahud.

Timnya menggunakan teknik yang memungkinkan pengguna merasakan bentuk dari gelas dan bola, serta benda-benda lainnya sambil melihatnya dengan menggunakan kaca mata khusus untuk mendapatkan efek penglihatan stereo.

Microsfot mengatakan peralatan ini bisa digunakan untuk kepentingan medis dan juga untuk permainan komputer.

Pengembangan proyek ini dilakukan di kampus perusahaan itu di Kampus Redmon, di dekat Seattle.

Popular posts from this blog

Kode Singkatan Komponen Listrik Dan Elektronik

Cara Mengatasi E31 Canon MP258

Cara Mengukur Trimpot