Pages

Rabu, 03 Juli 2013

Memperbaiki Printer Spooler Service yg Hilang di Windows XP

Baru-baru ini salah satu komputer di kantor terkena virus Win32:Virut, sebenarnya termasuk virus lama yang menggerogoti file .exe tapi apa daya karena memang komputer tersebut merupakan komputer tempat keluar masuk USB / disket dari perusahaan lain membuatnya lebih rawan terinfeksi.
Untuk memperbaikinya cukup mudah, saya lepas harddisknya lalu scan di komputer lain menggunakan Kaspersky untuk memperbaiki file exe yang rusak.
Masalah masih timbul karena setelah dibersihkan, ikon printer di komputer tersebut hilang (drivernya) dan tidak bisa add printer.
Selidik punya selidik ternyata Service ‘Printer Spooling’ di komputer tersebut tidak berjalan, ternyata file spoolsv.exe telah hilang akhirnya saya ambil kembali dari cd XP.
Tetapi walaupun file tersebut sudah saya restore, printer masih hilang dan tetap tidak bisa menambah printer  muncul tulisan “Windows can’t open add printer. The local print spooler service is not running. please restart spooler or restart the system.”.
Setelah membuka halaman service yang berjalan (Run -> services.msc) ternyata service Printer Spooling tidak ada dalam daftar.
Ternyata yang bermasalah adalah registrynya, akhirnya saya import registry dari komputer XP yang lain hanya untuk bagian service Printer Spooler saja melalui regedit dan mengambil kunci dari [HKEY_LOCAL_MACHINESYSTEMCurrentControlSetServiceSpooler].
Setelah import registry tersebut ke komputer yang bermasalah, printer yang sebelumnya tidak ada kembali lagi seperti semula. Bila anda kesulitan mencari registry windows XP lain yang masih sehat bisa download registry key-nya di http://www.4shared.com/file/AYp9TRe2/Printer_Spool_Service_XP.html
Setelah itu double klik saja file tersebut, dan klik OK untuk mengimport registry tersebut ke komputer anda.

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik