Pages

Senin, 15 Juli 2013

Cara Memperbaiki lampu blakang panel LCD




1.        Back light mati (lampu blakang panel LCD)
Tampilan layar laptop baik itu pada tampilan bios maupun windows membayang atau samar – samar tidak kelihatan dan bisa juga tampilan gelap.
Gejala ini disebabkan Back light /neon Lcd tidak menyala. Bisa diakibatkan LCD neon yang putus, terputusnya koneksi power, inverter tidak berfungsi atau power support untuk inverter tidak memadai.
Solusi : Pertama, lakukan analisa power support untuk inverter dengan menggunakan multitester, aturlah settingan dc power pada multitester untuk 10v. Cek juga kabel koneksi inverter dari motherboard.

2.      Laptop Layar Gelap atau Mati
Komponen yang kemungkinan mengalami kerusakan atau masalah adalah VGA chipset, Kabel flexibel, Inverter, dan LCD. Untuk melakukan perbaikan bisa mengikuti langkah – langkah di bawah ini.
a.   Lakukan pemeriksaan terhadap vga dahulu. Ciri khasnya adalah dengan mencoba hubungkan vga out dengan monitor atau LCD external bila di monitor atau LCD external tidak ada tampilannya maka kemungkinan vga chipset yg rusak.
Sedangkan bila monitor/lcd external menyala/ada tampilannya, ada kemungkinan panel LCD, inverter, atau kabel flexibel yang rusak. Untuk pengetesan harus menggunakan yang identik atau dikanibalkan dengan yg sama typenya.
b.  Apabila LCD disorot dengan senter/lampu dan terlihat gambar tampilan (tipis) atau gambar di LCD redup dan samar maka yang rusak adalah lampu LCD (CCFL) atau  inverternya.

3.      Lampu layar gelap sementara laptop bekerja dengan baik
Deskripsi KASUS : Laptop mulai dinyalakan berjalan dengan benar, tetapi setelah beberapa saat lampu layar mati. Gambar masih muncul di layar tapi itu sangat gelap. Dalam beberapa kasus, lampu layar tidak pernah tampak tetapi Anda masih dapat melihat gambar yang sangat samar pada layar. Dalam semua kasus video laptop tampaknya baik-baik saja pada monitor eksternal. Kemungkinan masalah terjadi pada : Inverter layar atau layar lampu backlight (CCFL) rusak. Keduanya rusak bisa menyebabkan cahaya untuk layar hilang. Untuk itu ganti inverter dengan yang baru atau lampu backlight baik.

4.      Laptop memiliki warna gambar aneh atau kacau di layar.
Deskripsi masalah : Laptop menyala dengan benar, tetapi menunjukkan tampilan di layar LCD yang buruk, warna aneh atau kacau di layar. Kemungkinan masalah terjadi pada :
a.    Rusak Graphics card (VGA). Pertama-tama, menguji laptop Anda dengan output gambar pada monitor eksternal. Jika Anda melihat masalah yang sama pada layar eksternal, kemungkinan besar ini adalah kartu grafis rusak. Ganti kartu VGA.
b.    Jika masalah muncul hanya pada layar laptop, itu bisa berkaitan dengan salah satu dari berikut: koneksi yang buruk antara kabel video layar LCD dan motherboard atau layar LCD atau gagal kabel video atau gagal layar LCD (panel LCD). Selengkapnya Klik Disini

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik