Pages

Senin, 15 Juli 2013

Cara Memperbaiki Kerusakan LCD Laptop


Tutorial Cara Memperbaiki Berbagai Kasus Kerusakan LCD Laptop





Kerusakan LCD laptop disebakan oleh VGA modulenya kurang baik. VGA module tersusun oleh VGA chipset, kabel flexibel, konektor flexibel ke LCD, konektor flexibel ke mainboard, dan inverter. Masalah – masalah yang sering terjadi pada LCD laptop, adalah sebagai berikut :

1.        Garis vertikal berwarna pada layar laptop
Tampilan Layar pada laptop ada garis berwarna secara vertikal. Sedangkan menggunakan layar monitor external, tampilan layar normal. Masalah seperti ini diakibatkan oleh LCD sudah rusak.

 

Solusi : Mengganti LCD

2.        Timbul garis titik secara vertikal pada layar
Garis – garis titik secara vertikal ini muncul pada layar monitor setelah laptop berjalan dengan normal. Ketika anda menggerakan LCD kemungkinan titik – titik garis vertikal tersebut hilang. Sedangkan ketika menggunakan layar monitor external yang dicolokkan ke VGA laptop berjalan dengan tampilan yang normal.


3.        Ada warna merah dan biru pada garis – garis dilayar laptop
Munculnya garis – garis warna seperti pita merah, dan pita biru kemudian lama – kelamamaan menjadi putih. Kemudian waktu di coba dengan monitor external, ternyata tampilannya sama muncul garis – garis warna yang lama – kelamaan menghilang menjadi putih.
Ketika LCD laptop dibuka tutup dalam keadaan hidup, gambar layar LCD laptop pecah – pecah atau ikut goyang.

  

Solusi : ganti chip VGA atau gunakan VGA external.

4.        Ada bintik – bintik yang banyak pada layar laptop
Dengan menggunakan layar monitor external, tampilan dalam keadaan baik dan normal. Tetapi ketika menggunakan layar LCD laptop, tampilan seperti banyak bintik – bintik hitam atau merah atau riak pada layar.

  
Solusi : ganti chip VGA

5.        Tampilan gambar pada layar terbagi dua, sebelah kanan tampilan keadaan normal dan sebelah kiri tampilan hitam blank atau bisa juga putih.
Uji coba dengan layar monitor external, tampilan yang terjadi baik dan normal

 
Solusi : ganti LCD

6.  Gambar berkedip – kedip, gambar samar – samar, cahaya redup, dan kemudian menghilang.
Layar sering berkedip – kedip dengan tidak normal dan kemudian menghilang tidak ada gambar sama sekali. Ketika dihidupkan lagi kadang – kadang layar dalam keadaan normal.
Laptop dalam keadaan tertutup, ketika dibuka tampilan layar laptop goyang atau berubah.

 

Solusi : cek inverter LCD, kabel flexibel LCD, ataupun LCD monitor.
Definisi Inverter secara umum adalah sebuah alat yang mengubah listrik arus searah (DC) ke alternating current (AC)  yang dihasilkan dapat di setiap diperlukan tegangan dan frekuensi dengan menggunakan transformator yang tepat, switching, dan kontrol sirkuit. Sedangkan inverter LCD laptop adalah sebuah papan sirkuit kecil  (biasanya sebesar pena). Tanpa inverter, cahaya layar LCD  akan terlalu lemah.

 
7.   Timbulnya panas yg tidak normal atau berlebihan pada bagian inverter (dibawah Lcd Tertutup list casingnya)
Tampilan layar gelap dan tidak terlihat gambar sama sekali, dan ketika dipegang bagian bawah LCD ada panas yang berlebihan.
Solusi : ganti Inverter
  

Untuk Ebook lengkap panduan kerusakan LCD Monitor silahkan Klik Disini
 
 
 
 

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik