Cara membuat tema di Windows 7

Membuat tema sendiri di Windows 7 (theme pack) sangat mudah, cukup persiapkan wallpaper yang sesuai dengan ukuran layar monitor, beberapa icon, dan juga file suara.
Setelah mengikuti tutorial ini anda akan memiliki file extensi .themepack yang bisa diinstall di komputer lain dengan OS Windows 7.

Tutorial cara membuat tema di Windows 7:

  • Pertama-tama masuk ke Control Panel > Personalization, atau anda bisa klik kanan desktop kemudian pilih personalize. Di Windows Personalization akan ditampilkan tema yang telah terinstall di Windows 7 anda.
Cara membuat tema sendiri di Windows 7
  • Klik Desktop Background untuk mengganti / memilih wallpaper dari tema yang kita buat.
Rubah desktop background di tema Win7
Klik tombol Browse dibagian Picture Location, kemudian navigasikan ke folder tempat anda menyimpan gambar wallpaper anda. (Satukan semua wallpaper didalam satu folder).
Untuk memilih semua gambar klik tombol Select All, bila sudah selesai dipilih simpan dengan menekan tombol Save changes.
  • Klik Window Color untuk mengganti warna taskbar, window border dan start menu.
Ganti warna taskbar dan border windows 7
Pilih warna dari pilihan warna yang sudah ada atau customize warna dengan merubah intensitas warna dan pencampur warna (color mixer). Simpan perubahan dengan menekan tombol Save Changes.
  • Kembali ke window Personalization, pilih Change Desktop Icons untuk mengubah ikon desktop dan Change mouse pointers untuk mengganti pointer mouse.
Merubah icon Windows7Kustomasikan kursor mouse di Windows 7
Pastikan anda mengklik kotak “Allow themes to change desktop icons”.
  • Anda juga bisa menambahkan suara dan screen saver di tema dengan mengklik Sounds dan Screen Saver dibagian bawah Personalization.
  • Setelah selesai membuat tema sesuai keinginan, anda akan menyadari di urutan pertama terdapat tema dengan nama Unsaved Theme.
Simpan tema Windows 7 ke file .themepack
  • Klik kanan tema tersebut, pilih Save theme untuk menyimpan tema di komputer atau pilih Save theme for sharing untuk membuat file .themepack yang dapat dipindahkan / diinstall ke komputer Windows 7 lain.
Simpan tema di komputer sendiri
Kotak di atas akan muncul bila anda memilih save theme di komputer
Buat file themepack di windows7
Pilih lokasi dimana file themepack disimpan dan beri dengan nama yang sesuai dengan isi “Tema Windows 7″.
Tema Windows 7 selesai dibuat, dan anda bisa mendistribusikan file .themepack tersebut ke komputer Windows 7 lain ataupun membagikannya ke teman.

Popular posts from this blog

Kode Singkatan Komponen Listrik Dan Elektronik

Cara Mengatasi E31 Canon MP258

Cara Mengukur Trimpot