Aktivasi Windows Server 2008 dan SQL Server 2008 dengan VLK

Saat menerima paket software yang kami beli (Windows Server 2008 Standart Edition dan SQL Server Enterprise 2008) untuk Server baru kantor. Kami hanya menerima box karton coklat berisi 4 DVD instalasi dengan selembar kertas print-nan yang berisi detail software yang kita beli.
Agak ragu juga kalau software yang kita beli adalah original, karena biasanya saat membeli software asli (lokal atau luar) pasti boxnya didesain dan tertata rapi.
Kebingungan bertambah saat akan mengaktifasi Windows Server 2008 karena pada paket yang dibeli tidak disertakan key, serial atau manual penjelasan untuk aktivasi. Saat menelepon ke technical support si penjual, mendapat jawaban yang tidak masuk akal (gpp udah biasa).
Sempat terpikir untuk mencari crack atau aktivator, tapi pikiran itu segera saya buang jauh-jauh. Soalnya sayang juga beli mahal-mahal (sekitar $10.000) tapi malah dikrack, mending dari awal beli yang bajakan kan ? :P
Setelah melihat lagi dengan seksama pada Cover DVD terdapat tulisan VLK (Volume License Key), selidik punya selidik pada situs resmi microsoft ternyata untuk aktivasi harus dengan mendaftar. Informasi pada website panjang sekali, membingungkan, dan tidak tersaji dengan sistematis. Terdapat istilah Multiple Activation Key (MAK) dan Key Management Service (KMS), intinya dibaca semua bisa-2 malah kita yang jadi tech support Microsoft.
Secara singkat, VLK (Volume License Key) adalah software yang dijual oleh distributor resmi Microsoft yang pengaktifannya harus dilakukan melalui website dan untuk pengaktifannya harus membuka website Microsoft License dan memasukkan Windows Live ID.
Screenshot VLK website
Setelah login, maka kita diminta mengisikan alamat email yang  telah didaftarkan oleh pihak distributor software dan akan tampil halaman awal.
Situs website dari Volume Licensing Key
Dan untuk melihat software apa saja yang kita telah beli, masuk ke link Product Keys. Di halaman ini akan tersaji jenis software yang kita beli, nama kita, dan Product Key dari software yang akan kita aktivasi. Dalam kasus saya, saya membeli Windows Server 2008 Standart Edition dan SQL Server Enterprise 2008 (tidak ada dalam gambar ini)
Screenshot serial number di Volume License Keys
Masalah selesai ?? Tidak juga, ternyata software ERP kami saat ini hanya mendukung SQL Server 2005 :((
Untungnya setelah membaca lagi manual dari website tersebut, kita diperbolehkan untuk mendowngrade dengan memakai license SQL Server 2008. Untuk mendownloadnya langsung pilih menu Downloads dan pilih software yang akan kita download.
Gambar daftar download program di VLK
Pengaktifan dengan Volume License Key ini diterapkan juga pada versi Windows 7, Vista dan juga beberapa software unggulan Microsoft lainnya.

Popular posts from this blog

Kode Singkatan Komponen Listrik Dan Elektronik

Cara Mengatasi E31 Canon MP258

Cara Mengukur Trimpot