Pages

Rabu, 26 Juni 2013

Tiket Transjakarta Batal Naik Bukan karena Jokowi

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, kenaikan tarif untuk bus Transjakrta batal naik. Pasalnya, setelah dikalkulasikan kembali, Jokowi khawatir jika tarif Transjakarta dinaikkan, masyarakat akan kembali menggunakan kendaraan pribadi.

"Transjakarta tidak jadi naik, sudah diputuskan kemarin. Kita usulkan ke dewan Transjakarta tidak naik karena banyak pertimbangan. Salah satunya mendorong masyarakat untuk naik tranpsortasi massal," kata Jokowi di Balai Kota, Jakarta, Rabu (26/6/2013).

Jokowi pun meminta pada pihak transjakarta agar menekan dan mengefisiensikan seluruh biaya komponen seperti biaya langsung, service bus, oli, cuci bus, penggantian suku cadang, pemeliharaan bodi, pegawai, untuk Transjakarta.

"Saya minta Transjakarta untuk menekan semua titik biaya. Komponen yang ada itu diefisiensikan. Dan ternyata mereka sanggup, jadinya oke tidak dinaikkan," tutur Jokowi.

Lebih jauh, Jokowi mengungkapkan batalnya kenaikan tarif bus Transjakarta bukan karena adanya protes dari masyarakat, tetapi karena setelah dikalkulasi dan dipertimbangkan, dirinya ingin mndorong agar Transjakarta bisa lebih efisien.

"Ndak ada protes. Setelah kalkulasi lagi, rapat lagi, pertimbangkan plus minusnya, kesimpulan terakhir, kita ingin masyarakat naik tranpsortasi massal, kita enggak mau orang kembali gunakan kendaraan pribadi motor," pungkasnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), tidak sepemaham soal kebijakan untuk menaikkan tarif angkutan umum, menyusul kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) pada 22 Juni 2013 lalu.

Dalam keputusan itu, Jokowi mengusulkan agar tarif bus TransJakarta menjadi Rp5.000, dimana sebelumnya bertarif Rp3.500. Padahal, bahan bakar gas yang digunakan TransJakarta, tidak mengalami kenaikan harga.

"Seharusnya Pak Gubernur tidak menaikan, mungkin salah kutip kali ya. Harusnya itu tidak naik, tetap, Pak Gubernur tadi ngomong saya enggak ikutin," ujar Ahok di Balai Kota, Selasa 25 Juni 2013.

Berita Selengkapnya Klik di Sini

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik