Pages

Kamis, 20 Juni 2013

Tiga Bandara Berpotensi Terkena Dampak Kabut Asap

Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) menyebut ada tiga bandara yang berpotensi terkena dampak kabut asap akibat kebakaran hutan di Sumatera. "Bandara di Pekanbaru, Batam dan Jambi," kata Direktur Keselamatan dan Standar LPPNPI, Wisnu Darjono, saat dihubungi Tempo, Kamis, 20 Juni 2013.

Ia mengatakan masih menunggu laporan dari daerah-daerah setempat mengenai ketebalan asap. Menurut Wisnu,  setiap bandara memiliki instrument approach procedure yang berisi ketentuan minimum untuk pendaratan. "Sudah ada minimum jarak pandangnya, tapi sekarang saya belum tahu perkembangan ketebalan asapnya," ucapnya.

Hingga saat ini, Wisnu melanjutkan, penerbangan di wilayah Sumatera masih berlangsung normal. Selain itu, ia menyebut belum ada keluhan dari pilot maupun maskapai mengenai asap kabut tersebut.

Kabut asap Singapura kiriman dari Indonesia telah mencapai level tertingginya pada hari Rabu, 19 Juni 2013. Badan Lingkungan Nasional Singapura (NEA) menyatakan, angin dan cuaca tetap konstan sehingga asap akan bertahan hingga beberapa hari.

“Berdasarkan pembacaan Indeks Standar Polusi (PSI)Departemen Kesehatan Singapura mengimbau warga Singapura untuk membatasi kegiatan di luar ruangan dan kegiatan berat lainnya,” tulis Channel News Asia, Kamis, 20 Juni 2013.

Sebanyak 23 instansi pemerintah telah mengaktifkan Haze Task Force (HTF) untuk bersama-sama saling berkoordinasi mengatasi masalah kabut di Singapura. Instansi terpenting terkait masalah ini yaitu Departemen Kesehatan (Depkes).

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik