Rangkaian Elektronika Pengisi Baterai Li-On dari Port USB

Skema Pengisi Baterai Li-On dari Port USB | Port USB merupakan salah satu perangkat komputer yang banyak digunakan, Selain digunakan sebagai port antarmuka untuk perangkat I / O komputer, seperti input flashdisk, printer maupun yang lainnya, Port USB ini dapat juga anda gunakan untuk mengisi battery Li-On.

Baterai Li-on adalah salah satu dari tipe baterai rechargeable (Lithium-ion). Lithium-ion bergerak dari anoda (kutub positif)) ke katoda (kutub negatif) saat digunakan. Dan Lithium-ion akan bergerak kembali dari katoda ke anoda, saat dilakukan proses charging.

Dengan sedikit membuat tambahan perangkat elektronik, maka port USB komputer bisa anda manfaatkan lagi untuk mengisi battery. Baik itu battery handphone ataupun battery lain yang tegangannya tidak lebih dari 5 Volt dengan arus maksimal 0,5 A.

Skema Rangkaian Port Usb Pengisi Battery dapat Anda lihat pada gambar dberikut :


Rangkaian Elektronika Pengisi Baterai Li-On dari Port USB

Rangkaian Pengisi Baterai Li-On dari Port USB diatas mengunakan IC LM3622. yang berfungsi sebagai penentu akhir pengisian baterai.

LM3622 adalah sebuah kontroler charger untuk baterai Lithium-Ion. Rangkaian terpadu monolitik ini secara akurat mengontrol transistor eksternal untuk presisi Lithium-Ion pengisian baterai. LM3622 ini menyediakan tegangan konstan atau arus konstan konfigurasi yang berubah, sebagaimana diperlukan, untuk secara optimal memuat sel baterai lithium-ion.
Rangkaian Elektronika Pengisi Baterai Li-On dari Port USB
Port USB

Popular posts from this blog

Kode Singkatan Komponen Listrik Dan Elektronik

Cara Mengatasi E31 Canon MP258

Cara Mengukur Trimpot