Pages

Rabu, 26 Juni 2013

PM Singapura Terima Permintaan Maaf Presiden Yudhoyono

Jakarta: Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong mengatakan dengan sepenuh hati menerima permintaan maaf dari Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono atas dampak asap dari kebakaran hutan di Indonesia.

Lee juga berharap penanganan kebakaran di Indonesia berjalan cepat dan dilakukan dengan berkesinambungan. Dia juga menegaskan negaranya siap memberi bantuan kepada Indonesia dalam memadamkan kebakaran kawasan hutan.

"Singapura siap bekerja sama dengan Indonesia, Malaysia, dan negara lain di kawasan untuk mengakhiri masalah terkait kebakaran yang telah melanda kawasan. Kami perlu membentuk solusi permanen untuk mencegah masalah terjadi setiap tahun," ucap Lee.

PM Malaysia Najib Razak juga akan mengirim surat resmi kepada Presidan Yudhoyono untuk bekerja sama dengan Indonesia dengan menegakkan tindakan efektif untuk menghukum mereka yang bertanggung jawab atas terjadinya kebakaran.

Najib telah meminta Menteri Lingkungan dan Sumber Alam G Palanivel untuk bertemu dengan Menteri Lingkungan Hidup Indonesia untuk membahas masalah kebakaran hutan.

"Pertanyaaan siapa yang memiliki perkebunan, bukanlah isunya. Tetapi sesuatu yang menjadi magnet kejadian. Seharusnya bukan menyoroti apakah perkebunan itu milik Indonesia, Malaysia, atau Singapura, tetapi aksi yang diambil terhadap mereka yang bertanggung jawab," kata Najib.

Dia juga mengatakan Malaysia akan menawarkan pesawat yang bisa digunakan sebagai pengebom air yang membantu mengatasi kebakaran di lokasi. "Pesawat khusus dapat menyedot dan menyimpan air yang disemprotkan ke area yang terbakar termasuk kebakaran di lahan gambut," jelasnya.

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik