Pages

Selasa, 25 Juni 2013

Penuhi Tuntutan Reformasi, Brasil Akan Adakan Referendum

Demonstrasi Brasil (Foto: The Week) Presiden Brasil Dilma Rouseff mengajukan rencana referendum di negaranya. Rencana itu diajukan untuk memenuhi tuntutan reformasi dari rakyat Brasil.

Ratusan ribu warga Brasil melakukan aksi protes sejak beberapa pekan lalu. Aksi protes bahkan sempat menarik satu juta demonstran di lebih dari 80 kota. Rakyat Brasil merasa, pertumbuhan ekonomi hanya dinikmati segelintir orang sementara pemerintah menghamburkan uang untuk proyek seperti pagelaran Piala Dunia.

“Aksi rakyat memberi tahu pemerintah bahwa mereka ingin pelayanan publik diperbaiki, korupsi diberantas dan politisi lebih mendengarkan pemilihnya,” ujar Rouseff, seperti dikutip Reuters, Selasa (26/4/2013).

Rouseff berencana mengubah konstitusi Brasil dalam referendum tersebut. Perubahan konstitusi terakhir dilakukan Brasil 25 tahun lalu saat negara itu berubah dari negara junta militer mnejadi negara demokrasi.

Tidak semua pihak optimis dengan proposal yang diajukan Rouseff. Mereka menyebut perubahan konstitusi dapat memakan waktu beberapa tahun, sedangkan protes di jalanan terus saja terjadi.

“Rencana itu justru dapat menambah ketidakpastian di Brasil,” terang pengamat Goldman Sachs, Alberto Ramos.

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik