Pages

Rabu, 19 Juni 2013

Pengenalan Mengenai Dasar-Dasar Komputer

Pengenalan tentang dasar-dasar komputer ini akan membahas mengenai bagian komputer yang dibagi menjadi tiga, yaitu hardware, software, dan brainware. Kita mengetahui, bahwa secara umum komputer adalah alat penting yang menunjang kinerja banyak orang. terutama, bagi mereka yang bekerja di industry kreatif seperti music, film, dan photo editing. Di dalam komputer, terdapat sebuah sistem yang berkatian satu dengan yang lain. serta, kesemuanya akan dibahas di dalam poin-poin berikut ini.

Dasar-Dasar Komputer – 3 Macam Perangkat

Hardware
Ini adalah sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai mesin pemroses, dan penghasil dari perintah yang dilakukan pengguna. Hardware utama dalam sebuah komputer dibagi menjadi tiga, yaitu:
Processor. Merupakan elemen paling penting yang berfungsi sebagai otak komputer. Ini adalah hardware paling berperan dalam menentukan seberapa hebat sebuah komputer. Dua processor yang amat terkenal saat ini adalah Intel dan AMD. Dengan semakin besar kemampuan processor, maka akan ada banyak tugas yang bisa dihandle secara cepat.
Motheboard. Merupakan papan induk komputer yang berfungsi sebagai penghubung rangkaian komponen komputer sehingga semuanya mampu berfungsi dan berintekasi satu sama lain.
RAM. Merupakan kependekan dari Random Access Memory. Adalah memori komputer yang bersifat sementara. Artinya, semua file yang tersimpan di dalam RAM akan hilang ketika komputer mati.
Harddisk. Merupakan media penyimpanan layaknya RAM. Bedanya, harddisk bersifat permanen dan hardware ini difungsikan untuk melakukan penyimpanan terhadap sistem operasi.
Software
Sistem operasi. Merupakan sebuah program yang digunakan untuk memfasilitasi hubungan antara brainware dengan hardware. Sistem operasi membuat komputer mampu melaksanakan tugasnya dengan cara mengirimkan perintah dari pengguna ke hardware untuk diproses. Beberapa sistem operasi yang sering kita temukan adalah Linux, Mac, dan Windows.
Aplikasi. Merupakan program yang sesuai dengan kompatibilitas dari sistem operasi. Ini adalah program yang mampu melaksanakan perintah dengan tugasnya masing-masing dan kemudian deksekusi oleh hardware. Beberapa aplikasi penting yaitu Microsoft Office, Adobe Photoshop, dan Browser.
Brainware
Adalah pengguna komputer yang terdiri dari dua jenis yaitu manusia dan mesin komputer lainnya.

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik