Pages

Selasa, 25 Juni 2013

Penaikan Harga BBM Pengaruhi Inflasi Juli

Jakarta: Dampak penaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi akan terasa pada inflasi Juli 2013.

"Semua dampak terasa di bulan Juli. Artinya, 60-70 persen dampak penaikan harga BBM terjadi di Juli, 25 persen di Juni, dan lima persen di Agustus," ujar Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik (BPS) Sasmito Hadi Wibowo di Jakarta, Senin (24/6).

Sasmito mengatakan dampak penaikan harga BBM bersubsidi terhadap laju inflasi diperkirakan terjadi selama tiga atau empat bulan. Ini sama seperti prediksi dari pemerintah dan Bank Indonesia. Untuk Juni, ia memerkirakan laju inflasi mulai meningkat, meskipun tidak terlalu tinggi karena penaikan harga BBM baru terjadi pada minggu ketiga.

"Masih aman. Tapi kalau tidak ada penaikan harga BBM, tentunya lebih kecil. Mungkin hanya tarif angkutan yang (harganya) mulai naik," kata Sasmito.

BPS mencatat laju inflasi pada Juni 2012 mencapai 0,62 persen dan pada Juli 2012 terjadi laju inflasi sebesar 0,7 persen karena tingginya harga bahan makanan. Sebelumnya, Bank Indonesia memerkirakan laju inflasi pada tahun ini bisa melonjak hingga 7,9 persen, akibat dampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi pekan lalu.

Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia Dody Budi Waluyo mengatakan dampak langsung dan tidak langsung dari penaikan harga BBM bersubsidi terhadap inflasi sebesar 2,54 persen. "Jika upaya penanganan inflasi tidak maksimal, inflasi akhir tahun bisa sampai 7,6 persen. Bahkan jika penanganannya gagal inflasi bisa mencapai 7,9 persen. Namun jika dampaknya bisa dikendalikan bisa turun ke 7,2 persen," katanya.

Pemerintah dalam APBN-Perubahan 2013 memberikan asumsi laju inflasi (yoy) sebesar 7,2 persen atau lebih tinggi dari yang tercantum dalam APBN sebesar 4,9 persen. Saat ini, laju inflasi tahun kalender Januari-Mei 2013 tercatat mencapai 2,3 persen dan inflasi secara tahunan (yoy) 5,47 persen. Inflasi komponen inti Mei 0,06 persen dan inflasi (yoy) 3,99 persen.

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik