Pages

Senin, 10 Juni 2013

Pamor badai

Pencak silat adalah seni bela diri berasal dari Indonesia. Semacam seni membela diri yang mengunakan tendangan, pukulan, kuncian dan bermacam-macam gerakan dengan senjata, di kombinasikan dengan gaya lemah-lembut – keras dinamis. Yang di tekankan disini adalah gerakan-gerakan yang explosif dan supel dengan combinasi gerakan-gerakan kejutan. Semua aspek ini di sesuaikan dengan tradisi, adat kebiasaan, seperti persahabatan, disiplin, sopan-santun, kesetiaan dan menghormati orang lain.
Pencak silat ini berasal dari kepulauan Indonesia-Malaysia. Kapan mulai terjadi, tidak ada yang tahu pasti. Menurut penemuan ilmu purba kala yang tetua di Indonesia, di ketemukan bukti-bukti yang menyatakan terjadinya seni ini pada abat 800 sesudah masehi. Se tidak-tidaknya pencak silat ini sudah berumur 1200 tahun. Dalam berabad-abad ini pencak silat telah berkembang menjadi seni bela diri yang bermacam-macam bentuknya. Dalam saat ini di Indonesia sekurang-kurangnya ada 800 macam dan pengikutnya ada di berbagai negara seluruh dunia.

Dahulu nama seni bela diri ini bermacam-macam tergantung dari daerah masing-masing. Di antaranya parmoca, silat sile, silat, pencak, penak etc. Nama pencak silat ini sudah ada pada masa perang dunia ke dua. Tapi baru pada tahun 1946, waktu persatuan pencak silat IPSSI (Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia) didirikan, nama pencak silat deresmikan untuk di pakai pertamakalinya. Persatuan ini pendaluhuan dari pada persatuan yang berada sekarang ini IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia).

Sesudah mempelajari pencak silat para guru besar bersama menentukan struktur yang bermacam-macam ini dalam pembagian. Struktur ini di tekankan enekaragam dari seni bela diri di kepulauan Indonesia-Malaysia. Dalam struktur pencak silat ini di bagi dalam empat aspek:
• Kebatinan
• Seni
• Bela Diri
• Wiralaga / Tanding

Pamor Badai
Perguruan Pencak Silat Pamor Badai mendapat nama dari 2 bagian yaitu aliran Pamor dan Badai. Kedua aliran ini berasal dari keluarga yang sama. Pamor adalah aliran keluarga tradisional dan Badai adalah aliran baru yang secara resmi berdiri sejak tahun 1969. Di samping 2 aliran ini Pamor dan Badai masih ada berberapa aliran lain yang di pergunakan misalnya Bawean dan Bhayuhmanunggal.

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik