Pages

Rabu, 26 Juni 2013

Liga Pendidikan Indonesia Digelar Mulai 1 Oktober

Jakarta: Perhelatan Liga Pendidikan Piala Presiden 2013 mulai digelar 1 Oktober.

Sebelum dimulai, mulai Selasa (25/6) digelar lokakarya sekaligus ajang untuk mengevaluasi penyelenggaraan kompetisi tingkat SMA sederajat dan perguruan tinggi.

“Liga pendidikan Indonesia Piala Presiden telah berjalan empat tahun. Liga ini dirancang sebagai wadah untuk menumbuhkan budaya olahraga, khususnya sepa bola yang melibatkan secara langsung komunitas paling kecil di masyarakat, yaitu sekolah dan olahraga,” jelas Ketua Liga Pendidikan Indonesia (LPI) Toho Cholik Mutohir.

Dalam lokakarya itu, lanjut Toho, sekaligus pula menyosialisasi program pembinaan tingkat nasional tahun pembinaan 2012-2013 dan juga cara membangun manajemen tim nasional U-14 dan U-16 secara utuh, peran serta media serta manajemen kompetisi dan pertandingan sepak bola.

Mengenai kompetisi ini, Ketua DPR RI Marzuki Alie yang juga konseptor Liga Pendidilan Indonesia menambahkan kepanitiaan nasional Liga Pendidikan Indonesia Piala Presiden harus dilanjutkan dan terus berkesinambungan setiap tahun.

Hal ini untuk menindaklanjuti usulan PSSI pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Pemuda dan Olahraga dalam upaya membentuk gugus tugas Liga Pendidikan Indonesia.

Tidak hanya tingkat SMP, ke depannya, Marzuki juga berharap liga ini bisa merambah kalangan anak sekolah dasar (SD).

“Tujuannya untuk lebih mengentalkan arti pembinaan,” kata Marzuki.

Kompetisi yang diadakan secara nasional ini rencananya akan dilaksanakan di empat kota, yaitu Jambi, Yogyakarta, Malang, dan Manado.

Kompetisi tingkat nasional ini akan dilaksanakan mulai 1 Oktober hingga 31 Oktober 2013 dan diikuti 33 tim berdasarkan hasil seleksi dari beberapa daerah dan sejumlah klub.

Menurut Sekretaris Jenderal LPI Edhi Prasetyo, setelah babak 32 besar selesai, babak 8 besar akan digelar di Semarang. Ibu kota Jawa Tengah ini ditunjuk jadi penyelenggara karena fasilitasnya lebih lengkap.

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik