Ilmuwan Inggris Kembangkan Material Antiledakan Bom

London: Ilmuwan Inggris menemukan materi pengembangan baru untuk membuat gerbong kereta api kuat dari ledakan bom. Terobosan ini diharapkan mampu menghindari korban jiwa saat terjadi aksi terorisme.

Sebuah video rekaman menunjukkan gerbong kereta api yang hancur terkena bom. Yang paling berbahaya dari sebuah ledakan adalah pecahan gerbong seperti kaca atau bahan lainnya yang dapat melukai pejalan kaki maupun orang di gerbong lain.

Melalui penerapan teknologi baru, saat ledakan bom terjadi, gerbong tidak akan hancur seluruhnya. Hanya bagian pintu saja yang dirancang mudah untuk dihancurkan.

Aplikasi materi baru didesain Universitas Newcastle, yang meliputi jendela lapis plastik, bahan yang dapat menyerap energi, serta kabel berkekuatan tinggi. Penemuan ini adalah hasil riset tiga tahun seharga empat juta Euro atau sekitar Rp50 miliar. Nantinya, materi akan dipasangkan ke seluruh gerbong kereta yang kini beroperasi.

Pada 2004, sebanyak sepuluh bom yang dimasukkan ke dalam tas olahraga meledak di Kereta Api Madrid yang diledakkan dengan detonator telepon genggam. Kejadian tersebut membunuh 191 orang dan melukai 1800 lainnya. Di tahun 2005, teroris juga meledakkan KA bawah tanah di London, Inggris.

Popular posts from this blog

Kode Singkatan Komponen Listrik Dan Elektronik

Cara Mengatasi E31 Canon MP258

Cara Mengukur Trimpot