Pages

Selasa, 25 Juni 2013

Emir Qatar Serahkan Takhta kepada Putra

Doha: Emir Qatar Sheikh Hamad bin Khalifa Al-Thani yang merupakan salah satu diplomat penengah penting dalam Arab Spring dijadwalkan akan menyerahkan kekuasaan kepada putranya.

"Istana kerajaan mengumumkan bahwa Emir akan menyampaikan pidato kepada rakyat Qatar pada pukul 08.00 waktu setempat (12.00 WIB) pada Selasa (25/6)," tulis pernyataan yang dilansir kantor berita resmi QNA. Seorang pejabat mengatakan Sheikh Hamad akan menyerahkan takhta kekuasan kepada putranya, Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani.

Pernyataan resmi istana itu juga mengumumkan Selasa sebagai hari libur resmi bagi negara yang kaya akan cadangan gas bumi itu. Televisi Al-Jazeera yang berbasis di Qatar mengatakan emir telah bertemu dengan keluarga kerajaan dan sejumlah tokoh masyarakat penting Qatar guna memberi tahu rencana penyerahan kekuasaannya kepada sang putra mahkota.

Sheikh Hamad, yang menggunakan kekayaan alam gas bumi Qatar untuk mendorong modernisasi dan transformasi negara itu menjadi pemain penting dalam diplomasi global, naik takhta lewat sebuah kudeta yang menggulingkan pemerintahan Sheikh Khalifa pada Juni 1995. Seorang diplomat mengatakan bahwa alih kekuasaan dari emir berusia 61 tahun itu merupakan poin penting bagi dunia Arab, tempat para pemimpin otoriter memimpin selama beberapa dekade seperti di Tunisia, Mesir, dan Libia dijatuhkan revolusi Arab Spring.

Putra mahkota Sheikh Tamim lahir pada 1980 merupakan anak kedua emir dari istri keduanya Sheikha Mozah. Dia memang telah disiapkan selama bertahun-tahun guna mengambil kekuasaan tertinggi di negara mitra Barat
yang kaya raya itu.

Tamim yang merupakan lulusan Inggris saat ini menjabat sebagai Wakil Komandan Angkatan Bersenjata dan Ketua Komite Olimpiade Nasional. Dia juga mengepalai Komite Tinggi Qatar 2022 yang bertanggung jawab atas pelaksanaan Piala Dunia 2022.

Sejumlah diplomat mengatakan selama tiga tahun terakhir Emir Qatar memang telah menyerahkan tanggung jawab militer dan keamanan secara bertahap kepada calon penerusnya Tamim yang lulus dari Akademi Militer Sandhurst Inggris seperti ayahnya. Seorang pejabat Qatar memerkirakan kepemimpian emir baru tetap akan menjadikan Qatar sebagai negara yang berperan penting di balik layar diplomasi global dan mempertahankan investasi Qatar di seluruh dunia.

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik