Pages

Rabu, 26 Juni 2013

Ekonomi Triwulan II Diperkirakan Enam Persen



Jakarta: Pelaksana tugas Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Bambang Brodjonegoro memerkirakan pertumbuhan ekonomi pada triwulan II 2013 berada pada kisaran 6,0 persen akibat pengaruh perekonomian global yang belum stabil.

"Mungkin enam persen, paling bagusnya," ujarnya saat ditemui di Jakarta, Selasa (25/6). Bambang mengatakan pelambatan ekonomi masih terjadi, sehingga angka pertumbuhan triwulan II tidak akan lebih tinggi dari triwulan sebelumnya yang tercatat 6,02 persen. "Ada pelambatan dan banyak peristiwa global yang tidak lebih baik (kondisinya) dari kuartal I," katanya.

Pemerintah dalam APBN Perubahan 2013 telah menetapkan target pertumbuhan ekonomi yaitu 6,3 persen, lebih rendah dari asumsi APBN sebesar 6,8 persen. Untuk 2014, pemerintah menetapkan asumsi pertumbuhan ekonomi pada kisaran 6,4-6,9 persen, dengan kecenderungan tumbuh menuju batas bawah.

Menteri Keuangan Chatib Basri mengatakan kemungkinan perekonomian ekonomi pada 2014 akan tumbuh 6,4-6,5 persen, karena kecenderungan global yang belum membaik. "Probabilitas tumbuh 6,4 persen sampai 6,5 persen lebih besar," katanya.

Sebelumnya, katanya, pertumbuhan ekonomi pada 2012 hanya tercatat sebesar 6,23 persen atau meleset dari target 6,3-6,5 persen. Ini karena terjadinya pelemahan pada sektor ekspor dan penyerapan belanja yang tidak optimal.

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik