Pages

Rabu, 19 Juni 2013

Daftar Alat-Alat Komputer Penting Beserta Fungsinya

Alat-alat komputer merupakan komponen penting yang membuat komputer dapat berfungsi secara maksimal. Di dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai alat-alat yang dapat disentuh dan dilihat yaitu hadware komputer. Kebanyakan, para pengguna begitu lekat dengan monitor, mouse, keyboard, dan webcam. Kendati demikian, sejatinya ada beberapa alat yang merupakan komponen terpenting dan menjadi sentral komputer itu sendiri selain komponen yang disebutkan tadi. Di bawah ini, ada beberapa perangkat yang sangat perlu untuk Anda ketahui.

5 Alat-Alat Komputer

CPU
CPU atau Central Processing Unit merupakan alat untuk memproses semua data yang diakses oleh mesin komputer. Di dalam CPU terdapat processor, sebuah chip silicon kecil yang berfungsi memproses instruksi dan menjadikannya sebagai output yang baik. processor yang terkenal dewasa ini adalah Intel dan AMD, dua buah perusahaan besar yang menghasilkan produk terbaik.
RAM
RAM atau Random Access Memory merupakan perantara dalam memproses sebuah perintah. Ketika pengguna secara langsung memerintahkan komputer untuk memproses file, maka RAM akan melakukan transfer ke CPU dan kemudian output yang dihasilkan akan tersimpan kembali. RAM menyediakan penyimpanan sementara sehingga data Anda dapat hilang ketika terjadi gangguan komputer. Untuk itu RAM juga bekerja mentransfer data ke hard drive dalam rangka memberikan penyimpanan secara permanen.
Hard Drive
Hard Drive melakukan sistem penyimpanan permanen untuk sistem operasi, program, dan file komputer. Ketika file disimpan dalam hard drive, maka mereka akan tetap bertahan meskipun terjadi pemadaman listrik.
Motherboard
Merupakan sebuah papan sirkuit yang berfungsi sebagai lAndasan untuk memegang semua komponen komputer. Motherboard menjalankan sistem organisasi terhadap semua komponen komputer termasuk CPU, RAM, dan Power Supply. Hal ini memungkinkan komputer mampu berfungsi secara penuh dan berinteraksi satu sama lain.
Power Supply
Digunakan untuk melakukan konversi AC ke daya DC, digunakan dalam internal komputer, dan dalam rangka menghemat daya. Ini adalah salah satualat-alat komputer yang begitu penting namun sering terlupakan.

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik