Pages

Senin, 01 Juli 2013

Bulog Diminta Stabilkan Harga Daging sebelum Lebaran

Jakarta: Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriawan mengatakan, Perum Bulog harus segera merealisasikan impor daging untuk operasi pasar.

Dia berharap Bulog dapat melakukan operasi pasar agar harga daging turun ke angka Rp 75 ribu per kilogram dari Rp 90 ribu per kilogram, paling lambat satu pekan sebelum hari raya Idul Fitri.

"Jadi, harapannya tentu Bulog paling tidak satu pekan sebelum lebaran melakukan operasi pasar," kata Rusman, Sabtu (29/6), di Bogor.

Rusman menuturkan, ketentuan perangkat hukum untuk mendukung Bulog dalam melakukan impor daging untuk operasi pasar menjelang lebaran telah selesai dan terbit. Bulog pun dapat segera merealisasikan impor daging jenis karkas untuk keperluan operasi pasar.

Rusman menambahkan, dua-tiga hari menjelang lebaran merupakan waktu bagi konsumen membeli daging. "Itu (membeli daging) seperti wajib hukumnya. Yang biasa tidak makan daging, beli daging. Kalau tidak ada daging akan ada kegaduhan di pasar. Itu yang harus kita perkuat stok dagingnya," ujar Rusman.

Sebelumnya, Direktur Utama Perum Bulog Sutarto Alimoeso mengatakan, karkas impor yang bakal digunakan Bulog untuk melakukan operasi pasar masuk paling lambat dua pekan ke depan. Karkas ini volumenya sekitar 3.000 ton yang bakal dijual Bulog kepada konsumen pada harga Rp75 ribu per kilogram.

Sutarto berharap operasi pasar yang dilaksanakan Bulog dapat mempengaruhi psikologi pasar untuk menurunkan harga daging.

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik