Pages

Rabu, 26 Juni 2013

4.362 Calon Mahasiswa "Serbu" IAIN Ar Raniry

IAIN Ar Raniry Banda Aceh. (Foto dok IAIN)Sebanyak 4.362 calon mahasiswa mengikuti ujian Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (SPMB-PTAIN) Nasional di IAIN Ar Raniry Banda Aceh, Selasa (25/6/2013).

"Di IAIN Ar-Raniry tahun ini ada tiga tahapan penerimaan mahsiswa baru, tahap pertama jalur undangan dan JPA (Jalur Prestasi Akademik), kedua SPMB-PTAIN nasional, dan selanjutnya akan dibuka kesempatan lagi melalui PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru) mandiri khusus dilaksanakan oleh IAIN Ar-Raniry,” kata Rektor IAIN Ar Raniry, Prof. Farid Wajdi Ibrahim dalam siaran pers kepada Okezone, Rabu (26/6/2013).

Menurutnya, peminat masuk ke IAIN Ar Raniry tahun ini masih peringkat atas baik di Aceh maupun ditingkat nasional. Jurusan Tarbiyah Bahasa Inggris masih menjadi jurusan favorit, disusul jurusan Syariah Mualamah Islam yang paling banyak diminati.

Dalam dua tahun terakhir fakultas-fakultas lain seperti Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Adab dan Humaniona, serta Fakultas Ushuluddin juga makin banyak peminatnya. "Ini merupakan prestasi hasil kerja keras para pimpinan, dosen dan karyawan di lingkungan IAIN Ar-Raniry," kata Farid.

Sementara Ketua Pelaksana SPMB-PTAIN Nasional untuk IAIN Ar-Raniry, Prof. Amirul Hadi menyebutkan, peserta yang mendaftar dan pilihannya di IAIN Ar-Raniry sebanyak 4.362 orang, terdiri dari 509 jurusan IPA, 1.167 memilih IPS dan 2.686 pilihannya IPC.

"Tahun ini IAIN akan menerima 3.500 orang dari keseluruhan proses seleksi, untuk jalur undangan yang mendaftar ulang sebanyak 211 dari 381 orang pendaftar, Jalur Prestasi Akademik 337 dari 739 orang dan masih akan dibuka sampai 27 Juli, dan setelah pengumuman SPMB-PTAIN nasional 20 Juli nanti, IAIN Ar Raniry masih membuka kesempatan bagi putra-putri Aceh masuk kampus ini melalui jalur PMB Mandiri," katanya.

Bagi calon mahasiswa masuk PTAIN akan mengikuti ujian selama dua hari dengan materi tes pada hari pertama antara lain, tes potensi akademik, bidang studi dasar dan wawasan keislaman, sedangkan hari kedua tes bidang studi IPA dan IPS sesuai dengan pilihannya.

"Tes secara nasional ini sedikit beda dengan tes PMB yang dilaksanakan oleh IAIN Ar-Raniry, SPMB nasional tidak ada tes baca Al Quran, sedangkan tes PMB mandiri IAIN Ar-Raniry nanti akan ada tes baca Al Quran," ujar Amirul yang juga Wakil Rektor bidang akademik.

Mahasiswa baru yang lulus jalur SPMB PTAIN akan diasramakan di Ma’haj Ali Ar-Raniry selama satu tahun untuk belajar agama teruma belajar baca Al Quran, dan juga bahasa Arab dan Inggris

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik