Pages

Jumat, 28 Juni 2013

2014, Semen Indonesia Bangun Pabrik di Myanmar

Jakarta: PT Semen Indonesia siap merealisasikan pembangunan pabrik semen di Myanmar. Ini merupakan tindak lanjut dari rencana menggandeng salah satu dari tiga mitra lokal Myanmar yang keputusannya bisa didapat akhir tahun ini.

"Myamnar tahun depan. Potensi yang ada join bikin pabrik baru," ujar Direktur Utama PT Semen Indonesia Dwi Soetjipto usai gelaran BUMN Innovation Expo and Award 2013 di Jakarta, Kamis (27/6).

Proses pembangunan pabrik akan memakan waktu sekitar tiga tahun. Itu artinya pabrik yang direncanakan mempunyai kapasitas 1 juta ton per tahun akan mulai beroperasi pada 2017. Besaran investasi yang disiapkan untuk proyek ini sebesar US$200 juta.

Nanti, semen yang dihasilkan dari pabrik tersebut akan digunakan khusus untuk memenuhi permintaan Myanmar. Selain itu, semen juga akan diekspor ke sejumlah negara yang relatif dekat jangkauannya dari Mnyanmar. "Selain Myanmar, kami juga ekspor ke arah barat sehingga bisa menyuplai Bangladesh, Sri Lanka, atau Timur Tengah," ucapnya.

Myanmar mempunyai potensi untuk memperluas ekspansi Semen Indonesia sehingga fokusnya akan lebih didorong ke arah tersebut. Untuk kebutuhan pasar domsetik, hasil semen dari Myanmar belum dibutuhkan sebab sudah bisa terpenuhi dari suplai lokal.

Selain Myanmar, pihaknya juga tengah mempertimbangkan memperluas penetrasi di Vietnam. Untuk itu, pada Jumat (28/6), pihaknya bersama dengan sejumlah direksi Kementerian Badan Usaha Milik Negara akan mengadakan pertemuan dengan Presiden Vietnam Truong Tan Sang.

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik