Pages

Kamis, 02 Mei 2013

Mengatasi 10 Masalah Komputer Yang Sering Terjadi

Komputer Tidak Bisa Dinyalakan

Solusinya:
  • Periksa koneksi kabel Power
  • Periksa stabilizer apakah berfungsi atau tidak (jika ada)
  • Periksa kabel power pada CPU
  • Apabila masih tidak mau dihidupkan mungkin terletak pada power supply atau Motherboard-nya.

Komputer Tidak Mau Booting

Solusinya:
Kenali terlebih dulu suara beep yang terdengar pada saat booting.
  • 1x Beep : Komputer dalam keadaaan baik-baik saja.
  • 1x Beep Panjang : Adanya permasalahan pada Memory-nya.
  • 1x Beep Panjang dan 3x Pendek : Kerusakan pada VGA Card.
  • 1x Beep Panjang dan 2x Pendek : Kerusakan pada DRAM.
  • Beep terus menerus : Kerusakan pada modul memory atau memory video.
Solusi lain bisa cek menggunakan software diagnosa seperti Sisoft sandra, PC mark04, PC mark05.

Selalu Menampilkan Safe Mode Pada Saat Booting

Solusinya:
  • Restart kembali komputer (Ctrl + Alt + Del).
  • Apabila masih Trouble musti Install Ulang OS-nya.
  • Apabila masih menampilkan Safe Mode, adanya kerusakan pada HardDisk, musti dilakukan ScanDisk.

Hang

Komputer sering mengalami Hang biasanya terjadi akibat ada suatu software yang mengalami Crash Dump, Memory kecil yang mengakibatkan software Not Responding, penambahan Hardware baru.
Solisinya:
  • Masuk ke Task Manager (Ctrl + Alt + Del) lalu klik End Task pada aplikasi yang terjadi Not Responding.
  • Restart komputer dengan langsung menekan tombol restart di komputernya.
  • Jalankan Add New Hardware pada Control Panel apabila mau menambkan Hardware baru.

Keyboard atau Mouse Tidak Berfungsi

Solusinya:
  • Periksa apakah keyboard anda sudah terpasang dengan benar.
  • Keyboard masih tetap tidak terdeteksi kemungkinan terjadi akibat ada permasalan pada keyboardnya (ganti keyboard Anda).
  • Keyboard sudah diganti tetapi masih tidak terdeteksi, kerusakan mungkin terjadi pada bagian port Keyboard Motherboard (ganti dengan Keyboard USB)
  • Apabila sudah mengunakan keyboard USB atau Wirelless dan masih mengalami permasalahan, ini mungkin terjadi adanya kerusakan pada System komputernya.

Mouse Pointer

Banyak kasus yang terjadi pada Mouse, salah satunya pada pointer yang sering meloncat, ini diakibatkan mouse anda kotor, solusinya buka mouse anda dan bersihkan. Permasalah kedua pada mouse yang sering terjadi yaitu Mouse terlalu ringan pada saat digerakan, solisinya atur setingan pada Mouse Pointer, caranya klik start menu kemudian ketikan “change mouse setting” pada search box, kemudian enter. Setelah muncul Mouse Properties pilih Tab Pointer kemudian atur kecepatan pointernya sesuai keinginan Anda.

Crash

Masalah ini terjadi biasanya ada kesalahan pada perangkat keras hardware, solusinya cek semua posisi kabel, Hardware yang terhubung ke komputer anda (seperti printer, scaner dll), adanya tegangan pada casing, periksa suhu CPU, RAM, Processor dan VGA nya.

BIOS

Membicarakan permasalahan yang terjadi pada BIOS sebenarnya banyak sekali, tetapi disini saya akan membahasnya hanya beberapa saja, mungkin lain kali akan saya kupas habis.
Pertama: mungkin Anda yang sedang mengalami lupa password BIOS, solusinya coba Anda cabut Battery CMOS pada CPU atau dengan cara menebak beberapa Default Password produsen BIOS-nya Seperti Ami dan AWARD (contoh: A.M.I, AMI, AMI_SW, ALLY, 589589).
Kedua: masalah ini pernah terjadi pada komputer teman saya yaitu Waktu dan Tanggal BIOS sering berubah, solusinya ganti Battery CMOS dengan yang baru.
Ketiga: Permasalahan yang terjadi pada saat menambahkan perangkat kerasa baru hardware yang tidak terdeteksi BIOS, kemungkinan besar BIOS yang digunakan sudah kuno sehingga tidak dapat mendeteksi perangkat keras model baru, gunakan software pabrikannya untuk mengupdate BIOS-nya.

Processor

Pernah saya mengalami suatu masalah yang berhubungan dengan komputer yaitu pada saat merakit sebuah komputer untuk sodara saya yaitu Processor tidak terdeteksi, terjadi akibat pasta pada processor sudah habis atau sama sekali tidak ada (untuk processor lama atau bekas), permasalahan kedua mungkin terjadi pada saat memasang processor tidak benar, dan ketiga terjadi akibat pemasangan posisi jumper processor salah (cek di manual book untuk soal ini).

RAM

Ada beberapa tipe dari RAM komputer, dan itu bentuk dan ukurannya berbeda. Membicarkan soal permasalah yang sering terjad pada RAM salah satunya mungkin RAM tidak terpasang dengan benar, periksa dan cek dengan benar apakah sisi penjepitnya sudah mengunci atau belum. Ram tidak cocok atau bekas, bisa menghasilkan crash pada komputer pada saat dijalankan.
Perhatikan juga pada slot RAM, misalnya SD RAM memiliki slot yang hampir sama dengan RD RAM tetapi RAM, tidak bisa terdeteksi meskipun bisa dipasang pada slit jenis SD RAM.
Komputer menjadi lambat setelah menambahkan RAM, ini bisa saja terjadi pada suatu komputer. Suatu komputer mempunyai kapasitas maksimum untuk RAM-nya, kalau dipaksakan akan mengakibatkan suatu komputer tidak stabil dan lambat pad saat dijalankan.
Tambahan sedikit soal Memory atau RAM, mungkin dari anda ada yang sudah tahu yang namanya VRAM atau Virtual Memory, singkatnya VRAM ini berfungsi untuk meningkatkan performance komputer, VRAM ini bisa disetting sendiri, baik itu ditambah atau dikurangi. Caranya untuk windows 7 atau windows 8 klik kanan pada My Computer pilih properties, pilih dan klik “Advance System Setings” pilih tab Advance kemudian klik settings pada Performance.

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik