Pages

Jumat, 03 Mei 2013

Mbaru Niang, Salah Satu Warisan Arsitektur Indonesia

Indonesia merupakan negara dengan berbagai macam warisan budaya. Lihat saja berbagai macam rumah adat yang dibangun di pelosok negeri.

Salah satunya adalah rumah tradisional yang berada di pulau terpencil di Flores, bernama Mbaru Niang. Mbaru Niang merupakan gubuk berbentuk kerucut yang menjadi salah satu situs warisan budaya yang paling penting di Indonesia bahkan di dunia.

Untuk itu diperlukan suatu tindakan pelestarian bangunan yang dibuktikan pada 2012 melalui penghargaan unggulan 2012 UNESCO Asia Pacific Awards untuk Pelestarian Warisan Budaya. Penghargaan ini sebagai upaya pelestarian alam dengan adanya kategori Aga Khan Award bagi Arsitektur.

Dilansir Inhabitat, Jumat (3/4/2013), pondok Mbaru Niang merupakan simbol dari rumah tradisional masyarakat dan keutuhan dalam keluarga. Namun, sayangnya tidak banyak yang mengetahui hal tersebut.

Sekelompok arsitek muda Indonesia pernah melakukan perjalanan di kawasan tersebut dan hanya tersisa empat rumah tradisional. Dari keempat rumah tersebut, dua rumah memerlukan renovasi. Dari pengalaman yang dialami tim arsitek yang mengunjungi daerah tersebut membuat mereka memutuskan untuk menghidupkan kembali bangunan tradisional dengan bantuan masyarakat. Dari proses ini rumah asli Mbaru Niang dapat dibangun kembali.

Rumah tradisional ini terletak di Desa Wae Rebo yang merupakan desa terpencil dikelilingi hutan lebat dan pegunungan. Renovasi rumah tradisional ini, tim arsitek bekerja sama dengan penduduk lokal dan mereka juga mendokumentasikan kegiatan pelestarian tersebut.

Pondok Mbaru Niang merupakan rumah berbentuk kerucut yang memiliki lima tingkatan terbuat dari kayu dan bambu. Lantai dasar berfungsi sebagai tempat tinggal bagi keluarga.

Pada lantai kedua digunakan untuk menyimpan makanan, untuk lantai ketiga digunakan menyimpan biji-bijian, dan lantai keempat sebagai penyimpanan makanan. Sedangkan pada lantai teratas atau lantai kelima sebagai tempat berdoa atau persembahan rohani. Untuk eksteriornya, menggunakan material yang berasal dari alam sekitar. (nia)

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik