Pages

Kamis, 02 Mei 2013

Masalah Yang Sering Muncul Di HP Cina

Hp Cina kini sudah mulai diterima oleh semua kalangan orang Indonesia. Dengan harga yang murah / terjangkau tapi bisa mendapatkan model dan fitur yang lumayan menariklah yang membuat hp cina semakin banyak peminatnya.
hp lokal
Namun,tidak bisa dipungkiri karena harganya yang relatif murah, kualitas barangnya pun kurang maksimal. Berikut beberapa masalah yang sering muncul pada  pengguna hp cina dan beberapa solusinya:
    1.  Memori Full Saat Sedang Akses Internet
Kebanyakan hp cina memang memiliki kapasitas memori internal hanya sedikit. Saat sedang akses internet, cookie, cache, dlsb secara otomatis akan tersimpan di memori internal, dan bila saat memori internal sudah mulai dipenuhi oleh file-file inilah browser akan error dan muncul peringatan "Memory Full".
Solusi: Secara berkala hapuslah cookie dan cache. Dan untuk memberikan ruang memori internal agar lebih banyak yang kosong, pindahkan file-file seperti foto, video, mp3, dokumen dan lainnya yang ada di memori internal ke memori eksternal.

    2.   File Mp3 Tidak Terdeteksi / Tidak Masuk Playlist Music Player
Ini bisa dikarenakan file mp3 tersebut tidak tersimpan di folder "My Music". Atau bisa juga karena Music Playernya memang tidak terseting "Store" ke folder tersebut.
Solusi: Tentu saja harus memindahkan file mp3 tersebut ke folder "My Music". Bila perlu cek lah settingan Music Playernya.

   3.  Tidak Bisa Memainkan Video
Sebagian hp cina hanya bisa mendukung file video dengan format mp4. Untuk mengetahui format apa saja yang bisa dimainkan di hp cina anda, cek lah informasi mengenai hp tersebut.
Solusi: Setelah mengetahui format yang bisa dimainkan di hp anda, convert lah video yang tidak bisa dimainkan menjadi format yang hp anda mendukung.
Namun bila formatnya sudah sejenis tapi tetap tidak bisa mainkan, ini kemungkinan karena resolusi video terlalu besar/melebihi batas maksimum yang bisa ditampilkan oleh handphone.
Solusi:  Video harus diconvert ke ukuran yang sesuai dengan resolusi layar.

   4.  Kirim File Pakai Bluetooth Selalu Gagal
bluetooth
Ini dikarenakan settingan "Received" atau penyimpanan file yang akan diterima  tersimpan di memori intenal. Bila file yang akan diterima melebihi kapasitas memori internal (yang kebanyakan kapasitasnya kecil) secara otomatis akan gagal.
Solusi: Cobalah memindahkan settingan "Received" ke memori eksternal.

   5.  Tidak Bisa Browsing Menggunaka Opera Mini
Solusi: Pastingan settingan network java sudah benar. Kemudian cek juga pengaturan tanggal dan jam (local time). Jika waktu di ponsel tidak cocok dengan waktu global, maka Opera Mini tidak bisa digunakan untuk menjelajah halaman web.

   6.  Beberapa Aplikasi Java Tidak bisa Dijalankan
Perlu diketahui bahwa aplikasi java untuk ponsel qwerty dan touchscreen atau full touchscreen itu beda-beda resolusi.
Solusi: sebelum mendownload atau menginstall aplikasi baru hendaknya perhatikan resolusinya, pastikan resolusinya sama dengan resolusi ponsel itu sendiri. untuk mengecek resolusi ponsel biasanya ada di box/kotak penjualannya atau Anda bisa browsing internet.

   7.   Tidak Bisa Set Gambar Menjadi Wallpaper
Saat mengatur gambar untuk dijadikan wallpaper, muncul notifikasi "memori penuh". Hal ini disebabkan, ukuran file/resolusinya terlalu besar.
Solusi: perkecil ukuran dan sesuaikan resolusi file yang akan dijadikan wallpaper dengan resolusi layar ponsel tersebut.

   8.   Kontak Pengisian Jelek/bad Contack Charger
Hal ini disebabkan oleh tegangan output charger melebihi kapasitas yang seharusnya bisa diterima oleh ponsel.
Solusi: pastikan tegangan output charger sesuai yakni biasanya antara 3.7v - 4.2v. Namun bila tegangan output charger sudah sesuai tapi masih tetap saja timbul masalah pada charger kemungkinan besar ada masalah pada rangkaian elektrik di ponsel. Jika demikian, sebaiknya dibawa ke service centernya saja.

   9.  Baterai Tidak Bisa Dicharge/tidak Mengisi
batere hp cina
Jika sudah dipastikan tidak ada masalahdengan chargernya, maka periksa kondisi baterai kembung atau tidak. Jika iya, maka sebaiknya ganti dengan yang baru. Bila kondisi fisik masih bagus, periksa tegangan output apakah sesuai standarnya yakni antara 3.7 - 3.9v, jika tegangan kurang dari 3.7v maka Anda dapat menchargernya menggunakan dekstop charger atau power supply untuk beberapa saat setelah itu ukur kembali apakah sudah mencapai 3.7v atau belum.

Jika sudah maka Anda dapat memasangnya pada handphone dan menchargernya dengan charger bawaan. Bila tegangan lebih dari standarnya, hal ini berarti baterai tersebut sudah rusak. Perhatikan, bila Anda tetap memasangnya pada ponsel, dapat menyebabkan kerusakan lain, maka dari itu sebaiknya segera ganti dengan baterai yang baru untuk menghindari hal tersebut.

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik