Pages

Sabtu, 04 Mei 2013

Dahlan Ingin Majukan Infrastruktur di Pulau Sumatera

Pulau Sumatera adalah salah satu pulau yang terletak di Indonesia, di mana pulau tersebut merupakan pulau keenam terbesar di dunia dengan luas 443.065,8 km2 dengan jumlah penduduk yang ada di pulau tersebut sekitar 42.409.510 jiwa. Melihat dari sisi keluasan pulau tersebut, dinilai memiliki potensi serta peluang besar untuk lebih maju dan berkembang.

"Salah satu faktor terpenting yang mendukung kemajuan pulau tersebut, yakni infrastruktur," ujar Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan seperti yang telah disampaikan oleh kabag Humas Kementrian BUMN Faisal Hilmi kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (4/5/2013).

Dahlan menambahkan, Pulau Sumatera merupakan pulau yang memiliki potensi alam yang dapat dimanfaatkan seperti geotermal, migas, panas bumi dan batu bara. Serta, pulau Sumatera dekat dengan negara maju seperti Singapura dan Malaysia.

"Misalnya di Medan memiliki segalanya untuk maju. Kota yang besar dengan penduduk yang cukup," tukasnya.

Dahlan menuturkan, ada hal yang harus disiapkan terlebih dahulu untuk memaksimalkan potensi dan peluang besar yang ada di pulau tersebut, yakni infrastruktur yang terintegrasi, seperti listrik, pelabuhan, bahkan sampai bandara. Ini yang harus segera dipersiapkan guna mendorong perkembangan pulau Sumatera.

Dahlan menilai, seandainya danau Toba tidak dapat mengangkat ekonomi warga Tapanuli karena persoalan infrastruktur, dirinya sudah membicarakan kepada Presiden RI, yakni SBY agar lebih meningkatkan infrastruktur guna mendukung akses di danau Toba.

"Ini hatus segera diselesaikan, saya sudah sampaikan kepada Presiden SBY supaya akses Danau Toba ditingkatkan dengan meningkatkan Bandara Silangit. Alhamdulillah, bandara tersebut dalam pengerjaan," imbuhnya.

Selain itu, Mantan Dirut PLN tersebut juga telah meminta kepada Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) Emirsyah Satar, untuk membuka jalur penerbangan ke Danau Toba. "Inikan supaya Danau Toba bisa gampang di akses dengan membuka jalur penerbangan ke sana jika bandara nantinya sudah selesai pembangunannya," tutupnya. (wdi)

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik