Berikut Beberapa Definisi Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

1. Prof. DR. J.L Mey JR
Ilmu ekonomi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari  usaha manusia ke arah kemakmuran.

2. Adam Smith
Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam usahanya untuk mengalokasikan sumber-sumber daya yang terbats guna mencapai tujuan tertentu.

3. Paul  A Samulson
Ilmu ekonomi merupakan ilmu pilihan, ilmu ini mempelajari bagaimana orang memilih menggunakan sumber produksi yang langka atau terbatas untuk memproduksi berbagai komoditi dan menyalurkannya ke berbagai anggota masyarakat untuk segera dikonsumsi.

4. Lionel Robbins
Ilmu ekonomi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari  tingkah laku manusia dalam hubungannya dalam pemenuhan kebutuhannya yang  langka.

5. Mel Vilye J ulmer
Dia mengatakan bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu pengetahuan tentang kegiatan-kegiatan manusia yang berhubungan dengan proses produksi, distribusi dan konsumsi.


Itulah diantara beberepa definisi ilmu ekonomi menurut para ahli, walaupun memiliki beberapa pandangan dan pengertian secara garis besar ilmu ekonomi memiliki beberapa kesamaan yakni berawal dari kewajiban manusia untuk memenuhi kehidupannya dan hidup dengan makmur di tengah sumber daya yang sangat terbatas.

Maka itulah manusia dituntut untuk berpikir dan mencari cara bagaimana agar bisa memenuhi semua kebutuhan di tengah semua yang terbatas. Itu adalah definisi dan pengertian ilmu ekonomi lalu bagaimana manfaat dari kegunaan ilmu ekonomi untuk kehidupan kita.

Sebenarnya masih banyak lagi para ahli yang mendefinisikan tentang ilmu ekonomi, namun kami rasa kutipan dari beberapa ahli di atas sudah cukup memberikan kesimpulan pada anda tentang definisi ilmu ekonomi yang sebenarnya. Bukankah demikian? Dan berikut ini juga yang tak kalah pentingnya adalah mengetahui apa manfaat dari memahami dan mempelajari ilmu ekonomi.

Beberapa Manfaat Mempelajari Ilmu Ekonomi


  • Dengan mempelajari ilmu ekonomi, membuat manusia lebih mahir dan menguasai cara memanfaatkan ekonomi yang baik dan benar sehingga bisa memenuhi kebutuhan hidupnya.
  • Bisa mengetahui wujud perilaku ekonomi dalam kehidupan nyata
  • Timbul pemahaman dan kesadaran akan keterbatasan potensi yang dimiliki oleh manusia dan lingkungan.

Popular posts from this blog

Kode Singkatan Komponen Listrik Dan Elektronik

Cara Mengatasi E31 Canon MP258

Cara Mengukur Trimpot