Pages

Jumat, 03 Mei 2013

Balik Kalahkan Fenerbahce, Benfica ke Final

Benfica berhasil menutup leg kedua semifinal Europa League dengan kemenangan 3-1 atas Fenerbahce di Estádio do Sport, Jumat (3/5/2013) dini hari WIB. Benfica pun berhasil melaju ke babak final.

Benfica berhasil membalikkan keadaan usai kalah 1-0 di kandang Fenerbahce pada leg pertama. Pada leg kedua ini, Benfica berhasil menyarangkan tiga gol yang dua di antaranya dicetak oleh Oscar Cardoza dan satunya oleh Nicolas Gaitan.

Sementara itu, Fenerbahce hanya mampu mencetak satu gol saja lewat tendangan penalti Dirk Kuyt. Alhasil, Benfica berhasil ke final Europa League untuk pertama kalinya dalam 51 tahun terakhir ini dengan agregat 3-2.

Klub asal Portugal ini akan menantang Chelsea di babak final yang bakal berlangsung di Amsterdam Arena pada 15 Mei mendatang. Chelsea sendiri berhasil lolos ke final dengan mengalahkan Basel lewat skor 3-1 di leg kedua.

Jalannya Pertandingan
Babak Pertama:

Tertinggal agregat 1-0 usai dikalahkan Fenerbahce di leg pertam, Benfica langsung berinisiatif menyerang sejak kickoff babak pertama di mulai. Usaha tim asal Portugal ini pun langsung berbuah hasil kala laga baru berjalan sembilan menit.

Adalah Nicolas Gaitan yang mampu membuat publik Estádio do Sport bersorak. Berawal dari umpan crossing Lima lewat sisi kanan, bola pun berhasil didapatkan Gaitan yang kemudian melepaskan tendangan dari luar kotak penalti dengan kaki kirinya.

Bola hasil sepakannya pun tak mampu diamankan oleh kiper Fenerbahce, Volkan Demiral. Skor pun kini berubah menjadi 1-0 bagi keunggulan tuan rumah dan agregat menjadi imbang 1-1.

Sayang, keunggulan Benfica tak bertahan lama usai Garay melakukan pelanggaran handball di kotak penalti kala melakukan penyelamatan dari serangan Fenerbahce. Dirk Kuyt yang mengambil penalti tersebut berhasil membobol gawang Benfica.

Skor 1-1 pun membuat Fenerbahce kembali unggul agregat 1-2 sejauh ini dari Benfica. Memasuki menit ke-30, permainan kedua tim mulai berjalan lebih menarik hingga terlibat dalam jual beli serangan dengan tempo cukup cepat.

Memasuki menit ke-36, Benfica melakukan serangan balik yang menghasilkan gol kedua pada babak pertama ini dan mengubah skor menjadi 2-1 (Agregat 2-2). Enzo Nicolás Pérez berhasil melepas umpan panjang dari tengah kepada Oscar Cardozo.

Kemudian, Cardozo yang dalam penjagaan bek Fenerbahce langsung melepaskan sepakan mendatar yang cukup keras dari luar kotak penalti. Bola pun tak mampu dijangkau oleh kiper Demirel. Skor 2-1 pun menjadi akhir di babak pertama ini.

Babak Kedua:

Memasuki interval kedua, Benfica langsung berinisiatif lakukan serangan ke daerah pertahanan Fenerbahce. Usaha pertama pun dibuka oleh Cardozo pada menit ke-50 dengan melepaskan sepakan dari luar kotak penalti, tapi bola masih melebar.

Benfica sendiri cukup menguasai jalannya pertandingan sejauh ini dan terus melakukan tekanan pada Fenerbahce hingga pertengahan babak kedua. Tim tamu malah lebih banyak bertahan, seolah bermain aman dengan keunggulan gol tandang.

Memasuki menit ke-66, Benfica kembali sukses mencetak gol dan mengubah skor menjadi 3-2 atau agregat 3-2. Gol ketiga Benfica kembali dicetak oleh Cardozo usai memanfaatkan umpan dari Luisao.

Tertinggal tiga gol semakin membuat performa Fenerbahce menurun dalam melakukan tusukan ke daerah Benfica. Peluang terjadi pada menit ke-70, di mana sepakan Kuyt dari jarak 25 yard malah melebar ke sisi gawang.

Memasuki menit-menit akhir, tak ada peluang dari Fenerbahce yang cukup baik. Berbeda dengan Benfica yang bermain cukup baik usai unggul tiga gol, akan tetapi tak ada gol kembali yang tercipta dan memaksa laga berakhir lewat skor 3-1 bagi kemenangan Benfica dan berhasil lolos ke babak final usai unggul agregat 3-2.


Susunan Pemain
Benfica:
1-Artur; 14-Maxi Pereira, 4-Luisao, 24-Ezequiel Garay, 34-Andre Almeida; 35-Enzo Perez, 21-Nemanja Matic, 20-Nicolas Gaitan (3-Roderick Miranda 90+3); 18-Eduardo Salvio, 7-Oscar Cardozo (23-Jonathan Urretaviscaya 87), 11-Lima

Fenerbahce:
1-Volkan Demirel; 77-Gokhan Gonul (4-Bekir Irtegun 61), 6-Joseph Yobo (9-Miroslav Stoch 75), 2-Egemen Korkmaz, 33-Reto Ziegler; 16-Cristian, 21-Selcuk Sahin (38-Mehmet Topuz 45), 48-Salih Ucan, 88-Caner Erkin; 11-Dirk Kuyt, 7-Moussa Sow

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik