Pages

Kamis, 18 April 2013

Tujuan Dan Fungsi Pendidikan Agama.



            Bila pendidikan dipandang sebagai proses, maka proses tersebut tentulah akan berakhir pada tercapainya suatu tujuan yang telah direncanakan. Demikian pula dengan pendidikan, tujuan yang hendak dicapai oleh pendidikan pada hakikatnya merupakan suatu perwujudan dari nilai-nilai ideal yang terbentuk dalam pribadi manusia yang diinginkan. Nilai-nilai ideal yang hendak diinginkan tersebut perlu dirumuskan dalam bentuk tujuan pendidikan dalam perencanaan kurikulum pendidikan sebagai dasar operasional pelaksanaan pendidikan itu sendiri.
            Sebelum sampai pada uraian tentang tujuan pendidikan, terlebih dahulu akan dijelaskan mengenai fungsi tujuan pendidikan itu sendiri. Para ahli berpendapat bahwa fungsi tujuan pendidikan ada tiga, yaitu yang semuanya masih bersifat normaif.
1.      Memberikan arah bagi proses pendidikan
2.      Memberikan motifasi aktifitas pendidikan, karena pada dasarnya tujuan pendidikan merupakan nilai-nilai yang ingin dicapai dan internalisasi pada anak didik.
3.      Tujuan pendidikan meruapkan kriteria atau ukuran dalam evaluasi pendidikan (Langgulung, 1992: 13 - 17).
Arah dari proses pendidikan harus jelas, agar pendidikan tidak ada penyimpangan-penyimpangan sehingga tergelincir dari sasaran perencanaan yang semestinya. Perumusan tujuan pendidikan islam harus berorientasi pada pendidikan yang meliputi beberapa aspeknya.
Tujuan pendidikan bukanlah suatu benda yang berbentuk tetap dan statis, tetapi tujuan itu merupakan keseluruhan  dari kepribadian seseorang yang dengan seluruh aspek kehidupannya. Kata Hasan Langgulung berbicara tentang tujuan pendidikan tidak akan lepas dari pembahasan mengenai tujuan hidup manusia. Sebab pendidikan hanyalah satu alat yang digunakan oleh manusia untuk memelihara kelangsungan hidupnya baik sebagai individu maupun anggota masyarakat ( Langgulung, 1992 : 305 ).
Dari apa yang di katakan Hasan  Langgulung di atas dapat di pahami bahwa suatu tujuan yang hendak dicapai oleh pendidikan pada hakekatnya adalah suatu perwujudan dari nilai-nilai ideal yang terbentuk dalam pribadi manusia. Pendidikan Islam adalah pendidikan yang dinamis dan sistematis, mempunyai tujuan yang luhur dan lengkap. Arah yang dinamis ini tampak pada diri manusia itu Sendiri baik secara individu maupun kolektif, karena manusia mempunyai fitrah ingin mengetahui sesuatu yang belum pernah diketahui dan dialaminya.
Sehubungan dengan tujuan pendidikan ynag di harapkan oleh al-Qur'an tersebut Dr. Muhammad Munir Mursyi, menawarkan bebapa konsep tujuan pendidikan islam dilihat dari berbagai sudut pandang.
1.      Membentuk kebahagiaan hidup manusia yang hakiki baik di dunia dan akhirat
2.      Menumbuhkan manusia yang mau beribadah dan takut kepada Allah.
3.      Memperkuat dan memperkokoh solidaritas di antara umat islam  ( Nahlawi,1979:97)
Adapun fungsi pendidikan Islam secara singkat adalah menyediakan segala fasilitas yang dapat memungkinkan tugas pendidikan islam tersebut tercapai dengan lancar. Penyediaan fasilitas ini mengandung arti dan tujuan yang bersifat struktural dan institusional (Muhaimin,1993:144) adapun tugas pokok pendidikan adalah membantu pembinaan anak didik pada ketaqwaan dan Ahklah Karimah yang di jabarkan dalam pembinaan kompetensi enam aspek keimanan. Lima aspek keislaman dan multi aspek keihsanan. Selain itu tugas pendidikan juga mempertinggi kecerdasan dan kemampuan dalam memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi beserta manfaat dan implikasinya yang dapat menumbuhkan kreatvitas anak didik, melestarikan nilai-nilai serta membekali kemampuan produktifitas pada anak didik.( Depag, 1984 :163 )

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik