Pages

Jumat, 12 April 2013

TIPS-TIPS MENGOPTIMALKAN KINERJA KOMPUTER

1./ MENGPTIMALKAN SYSTEM CACHE MEMORY

Kinerja computer akan turun drastis ketika sedang melakukan loading dan menjalankan aplikasi serta file data dengan ukuran lebih besar dari pada memori yang bisa ditanggung computer. Untuk mengoptimalkannya yaitu dengan menyetting memori virtual. Untuk menemukan setting memori virtual, klik kanan My Komputer, pilih Properties, dan tekan tab Advanced. Pada Windows 2000, klik tombol Performance Options setelah menekan tab performance.untuk Windows XP, klik kanan My Komputer, pilih Properties, dan tekan tab Advanced, klik tombol Setting dalam pilihan Performance Options, cara settingnya MASUKKAN NILAI YANG SAMA UNTUK KOTAK MINIMUM DAN MAKSIMUMNYA (DIREKOMENDASIKAN 384 UNTUK KEDUANYA) saya sarankan menggunakan 3 kali dari kapasitas memori RAMnya

2./ MENGHENTIKAN START-UP YANG TIDAK DIINGINKAN

Pada Windows XP, Me, dan 9x, user dapat membebaskan memori dengan cara membuang aplikasi yang tidak diinginkan dan secara otomatis berjalan ketika Windows mulai. Untuk mengetahui berapa banyak program semacam ini yang bersemayam dalam system, KLIK START, RUN, DAN KETIKKAN MSCONFIG,lalu TEKAN ENTER yang akan menunjukkan SISTEM KONFIGURATION UTILITY, klik tab startup untuk melihat program apa yang otomatis bekerja saat Windows mulai. Untuk mencegah program berjalan pada saat start-up, tandai boks yang ada di sebelah kiri nama program tersebut. Kalau tidak yakin program apa itu, lihat nama folder tempat file tersebut berada. Informasi ini, akan ditemukan di sebelah kanan kotak, biasanya memberikan penunjuk.

3./ MENGGUNAKAN CACHE DENGAN BIJAKSANA

Windows mengalokasikan sejumlah kecil memori atau cache sebagai storage buffer untuk hardisk, CD-ROM drive dan perangkat penyimpan lainnya. Mengurangi cache yang dialokasikan untuk perangkat yang jarang dipakai, seperti CD-ROOM drive, akan membebaskan memory yang mungkin akan lebih efektif bila digunakan sebagai RAM. Sebaliknya, meningkatkan ukuran cache dari perangkat yang sering dipakai dapat mempercepat kinerja ada perangkat tersentu.untuk memudahkan Gunakan Software Cachemen 5 .

4./ MEMELIHARA HARD DISK

Harddisk yang bersih adalah harddisk yang gembira. Menjalankan Scan Disk dan Disk Defragmenter secara teratur dapat mempercepat kinerja computer terutama kalau sering menggunakan aplikasi/program yang sering mengakses Harddisk. Dalam melakuka Disk Defragmenter pada harddisk yang berkapasitas yang besar membutuhkan waktu yang lama jadi lakukanlah pada saat anda tidak akan menggunakan Komputer. Caranya : pada kebanyakan versi Windows, kita dapat mengaktifkannya dengan membuka My Komputer, klik kanan pada drive, dan pilih Properties. Pilih tab Tools dan klik Defragmenting Now. Hati hati dengan defragment jangan dilakukan terlalu sering karena pada saat menggunakan utiliti ini head pada hardisk akan bekerja keras, jadi usahakan kalau bisa minimal 1 kali sebulan, jangan setiap hari karena akan mengurangi umur pemakaian hardisk pada komputer kita

Metode lain untuk meminimalkan keruwetan di Harddisk adalah dengan menhapus file-file yang tidak dibutuhkan lagi dan meng UN INSTALL software-software yang sudah tidak terpakai

5./ MEMBAKAR CD LEBIH BAIK

Jika CD-RW dan CD-R drive tidak membakar disk dengan kecepatan optimal, berarti PC tidak mengumpankan data stream yang konstan ke CD burner. Untuk memperbaikinya melalui :

- Hentikan Kompetisi : sebelum mencoba untuk membakar CD, kita harus menonaktifkan Software Anti Virus, Screen Saver, atau program lain yang berebut sumberdaya PC.

- Kuasai Wilayah Anda : banyak CD-RW drive model baru yang mendukung bus mastering, teknologi yang menyediakan jalur expres untuk data yang terikat dengan CD-RW, kalau menggunakan Windows 2000 atau Windows XP,dan CD-RW dating dengan system,bus mastering sudah diaktifkan sebagai default pada drive. Sementara untuk Windows 98 atau ME, bus mastering mungkin belum diaktifkan. Untuk mengetahuinya, klik kanan My Computer, dan Pilih Properties. Klik tab Device Manager, klik dua kali CD-RW drive dalam tab Setting, pastikan boks yang berlabel DMA sudah dicentangi, dengan demikian bus masteringnya sudah diaktifkan.

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik