Pages

Rabu, 10 April 2013

Tips Merawat Laptop Agar Tetap Awet


Jika di perhatikan, perawatan laptop berbeda dengan perawatan komputer biasa pada umumnya. Mengingat bentuk fisiknya, laptop lebih rentan bila terkena benturan di bandingkan dengan komputer PC biasa. Nah.. oleh karena itu di sini saya akan memberikan sedikit tips tentang cara merawat laptop sobat, supaya tetap awet dan tetap terjaga, kita mesti merawatnya dengan mempraktekkan tips-tips berikut ini:

  1. Bersihkan keyboard dengan kain. Gunakanlah cairan pembersih kaca agar keybord terlihat mengkilap, sebelumnya kita bisa membersihkan sela-sela keyboard dengan kuas atau vacuum cleaner portable. 
  2. Layar laptop lebih rentan terhadap goresan. Oleh karena itu sobat bisa menggunakan perlindungan dengan screen guard. Untuk membersihkannya, sobat bisa menggunakan kain halus yang telah diolesi dengan cairan pembersih layar khusus. Jika tidak ada, bisa memakai pembersih kaca dengan cara menggosok secara perlahan dengan gerakan yang searah. 
  3. Jika sobat tidak menggunakannya untuk sementara waktu, simpan dan masukanlah laptop ke dalam tasnya. Hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko tergores atau rusak karena terbentur atau jatuh. 
  4. Apabila laptop tidak di pakai dalam rentan waktu yang lama, sebaiknya melepas batrai laptop, lalu simpanlah di tempat yang aman dan kering. 
  5. Jangan simpan laptop di tempat yang bersuhu tinggi, misalnya adalah di dalam mobil yang sedang di parkir di bawah terik matahari. 
  6. Jangan meletakkan leptop di dekat barang-barang yang mengandung medan magnet, atau gelombang elektromagnet yang kuat. Hal itu bisa merusak komponen laptop. 
  7. Gunakanlah laptop dengan sewajarnya, jangan jadikan laptop sobat seperti server yang tak pernah mati, sama seperti halnya manusia, laptop juga butuh istirahat. 
  8. Letakkan laptop di tempat yang memungkinkan sirkulasi udara di bagian bawah laptop bekerja dengan baik, saran saya selalu gunakan kipas agar sirkulasi udara tetap terjaga dan laptop tidak cepat panas. Jangan meletakkan laptop dalam keadaan menyala di atas tempat tidur atau sofa, hal ini bisa mengakibatkan laptop cepat panas dan overhead (mati dengan sendiri karena terlalu panas) dan jika hal itu tidak di perhatikan,akan membuat laptop kita cepat rusak.

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik