Pages

Senin, 15 April 2013

Tips Mengatasi Secara Darurat Kipas VGA Card Mati


VGA Card ialah singkatan dari video graphic card dimana itu ialah salah satu hardware pendukung yang berada dalam komputer yang fungsinya cukup berpengaruh terhadap keberlangsungan aplikasi yang anda install pada komputer atau laptop anda. Fungsi dari vga ialah menampilkan gambar kedalam monitor, dan semakin tinggi VGA pada piranti anda maka semakin bagus dan halus output yang dihasilkan.
Disetiap video grapich pula telah disediakan sebuah komponen yang bernama heat sink alias pendingin. Komponen ini berfungsi untuk mengatur suhu pada graphic card ini agar tetap stabil dan tidak menyebabkan kerusakan karena suhu yang terlewat panas, karena heat sink itu bekerja dengan cara melepaskan panas yang dihasilkan.
Ada 2 macam tipe VGA yaitu veo card dengan heat sink saja da nada yang heat sink + kipas atau fan. Dengan adanya kipas ini maka kinerja heat sink akan semakin ringan tetapi hasil yang dihasilkan sangat maksimal. Tetapi sesuai pepatah tidak ada gading yang tak retak begitu juga dengan system VGA yang berkipas ini, karena mau tidak mau kipas pada VGA itu akan selalu berputar secara stabil dan cepat sehingga lama- kelamaan dapat menyebabkan ke’aus’an atau terkikis pada bagian strator maupun rotor yang menyebabkan kematian atau tidak bisa berputarnya kipas.
ganti kipas heatsink vga
ganti kipas heatsink vga
Dan jika VGA yang terpasang pada komputer anda dalam keadaan pendinginnya rusak tentu saja ada konsekuensinya pada komputer anda, dimana kinerja komputer akan menjadi lambat dan cepat mati, selain itu hal ini juga bisa menyebabkan sering hang, gambar mati bahakan komputer anda yang mogok menyala.
Dan untuk mngatasinya sebenarnya ialah dengan membeli VGA yang baru, tetapi bukan orang Indonesia kalau tidak bisa meanfaatkan sesuatu kembali, yap walaupun kipas pendingin pada VGA anda rusak, anda tetap bisa menggunakannya dengan baik. Adapun langkah- langkah yang harus anda lakukan ialah :
  1. Lepas VGA dari komputer anda, setelah itu coba buka baut yang terpasang diantara kipas dengan obeng, lalu lepas kipasnya.
  2. Setelah kipas terlepas maka bersihkanlah kotoran- kotoran yang menempel pada heat sinknya.
  3. Pasang kembali VGA pada komputer anda komputer pun siap digunakan.
Hal ini sebenarnya bisa cukup lama bertahan tergantung dari VGA anda sendiri, tetapi ada baiknya segeralah beli yang baru ketika anda memiliki uang yang cukup.

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik