Pages

Senin, 22 April 2013

Tips Membuat RT RW Net

Saat ini internet sudah menjadi kebutuhan dasar bagi beberapa orang, kebutuhan akan akses internet sama dengan kebutuhan akan teknologi komunikasi lainnya seperti handphone dan sejenisnya. RT/RW net bukanlah konsep baru di indonesia, ditambahlagi banyaknya tutorial di internet dan ketersediaan alat/perangkat yang mudah di dapat, membuat siapa saja bisa membuat RT/RW dengan mudah. berikut Pacarita memberikan sedikit tips membuat rt/rw net mulai dari konsep jaringan sampai dengan metode pemasarannya.

Perangkat Keras (hardware) membuat RT/RW Net

Modem

Pada beberapa artikel sebelumnya di jelaskan mengenai  Pengertian modem internet dan Jenis – jenis modem dan Pengertian Modem DSL teknologi modem DSL; pada artikel tersebut di jelaskan mengenai modem dan fungsi-fungsinya. tetapi terkait dengan artikel tips membuat RT/RW net cukup dipahami bahwa modem nantinya adalah alat yang digunakan untuk terhubung dengan internet. modem ini didapat tergantung dengan provider berlangganan internet nantinya misalnya TELKOM, Indosat atau lainnya. Beda provider akan beda jenis modem yang digunakan tergantung dengan kebutuhan dan ketersediaan koneksi internet di masing-masing daerah. Saran saya silahkan menggukan Telkom Speedy biar lebih baik.

Router / Server

Untuk penjelasan lengkap mengenai server silahkan baca artikel Pengertian komputer server dan Macam – macam komputer server, tapi server atau router untuk RT/RW net termasuk dalam skala kecil. fungsi hanya sebagai NAT dari IP publik yang didapatkan dari modem (provider) menjadi ip lokal nantinya. Untuk router saya menyarankan Mikrotik Router Board untuk sekala kecil RB 750 masih cukup mampu. Pada mikrotik inilah nantinya di gunakan untuk membuat voucher, mengatur filter keamanan atau membuat web proxy.

HUB / Switch

Hub atau Switch di gunakan sebagai bridge nantinya dari mikrotik ke perangkat Radio Akses point. tidak ada penjelasan detail mengenai perangkat satu ini.

Akses Point

Akses Point digunakan untuk melempar signal nantinya. sobat bisa menggunkan model OMNI ataupun sektoral sebagai perangkat tanbahannya. Kegagalan Utama dari propokasi signal di sisi client RT/RW net adalah kesalahan memilih perangkat ini. Beda Karakter lokasi beda perangkat. Jika asumsinya client (pelanggan nantinya) dekat dalam radius dibawah 1 km saya masih menyarankan OMNI directional sebagai penguat tetapi jika diatas 1 km ada baiknya menggunakan sektoral. Pertimbangan lainnya adalah apakah RT/RW net nantinya akan diterima langsung oleh user/pelanggan menggunakan laptop atau menggunakan perangkat tambahahan (akses point untuk client).
Perangkat tambahan lainnya adalah Kabel UTP , konekter RJ45 dan beberapa perangkat tambahan untuk jaringan lainnya.

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik