Pages

Rabu, 10 April 2013

Tips dan Trik Merawat Printer Inkjet


 
Sekarang… penggunaan printer bukan hanya terbatas di kantor saja. Tapiiii, sudah merajalela sampai ke rumah.
Tentu saja, penggunaan printer di rumah kebanyakan menggunakan printer jenis InkJet yang memang harganya lebih murah daripada jenis printer yang lainnya.
Emang siy ya, ada harga ada kualitas. Printer jenis ini selain harganya paling murah, juga paling sering rusak. Entah kualitas cetaknya menurun, atau hasil print yang bergaris-garis, atau malah tintanya tidak bisa keluar.
Kerusakan ini sering terjadi tentu saja karena kurang perhatiannya kita dalam penggunaan printer inkjet. Kelalaian dalam merawat dan menggunakan printer inkjet bukan tidak mungkin dapat menyebabkan kerusakan pada printer inkjet kita secara temporary maupun secara permanen.
Biar kita ga bolak-balik beli printer inkjet gara-gara sering rusak. Yang niatnya hemat malah boros. Berikut ini ada beberapa pengetahuan mendasar tentang printer inkjet dan sedikit tips dan trik untuk merawat printer inkjet.
Ada beberapa komponen penting yang perlu kita ketahui secara garis besar dalam printer inkjet.
1. Head
Nahhh… pada komponen ini, yang terpenting kita harus rutin dalam menggunakan printer.
Printer Inkjet adalah teknologi yang menggunakan air/liquid untuk mencetak. Jelas dari sisi positif penggunaan tinta yang berasal dari air/liquid adalah harga relatif lebih murah dan warnah lebih cerah dan banyak variasi (bisa dicampur dengan warna lain). Sedangkan dari sisi negatif penggunaan tinta yang berasal dari air/liquid adalah jika tinta itu mengering akibat terlalu lama tidak digunakan. maka akan menyebabkan head nossle terdapat kerak yang berasal dari keringnya tinta tersebut dan akan mengakibatkan head macet.
Jadi, untuk menghindarkan macetnya head tersebut, minimal gunakanlan printer inkjet tersebut minimal 3 hari sekali untuk print atau cleaning nossle.

2. mekanik
Untuk komponen ini,cara perawatannya adalah biarkan printer menarik kertas dan keluar dengan sendirinya.
Kalo macet, sabar dulu aja ya nungguin kertasnya keluar sendiri, jangan dipaksa yaaa, karena mekanik printer terdapat sensor 2x yang sensitif dan apabila dipaksa terkadang sensornya jadi patah deeee.
3. absorber
Ini komponen yang terakhir yang mau dijelasin yaaa.
Rata-rata niiy, printer inkjet terdapat absorber yang terletak di bawah dudukan head/cartridge.
Naahhh, jika frequency ngeprint kita itu tinggi. Biasanya absorber akan kotor dan penuh tinta. Jelass, absorber itu perlu dibersihkan atau diganti agar cleaning nossle dapat maksimal. Tentu saja absorber merupakan komponen yang penting, karena digunakan untuk membersihkan nossle head, yang apabila kotor akan sulit untuk melakukan head cleaning.
Sekarang, tips dan trick dalam merawat printer inkjet yaaa…
1. Harus niy yaaa. Menggunakan printer sesering mungkin. Yah, minimal 3 hari sekali. Seperti yang udah dijelasin di atas itu lho. Karena tinta yang terdapat pada nozzle head bisa mengering sehingga menyumbat pengeluaran tinta gara-gara kita membiarkan printer nganggur kelamaan.
2. Trusss, tetep juga niy ya. Jangan biarkan printer inkjet kosong tanpa cartridge dalam jangan waktu yang lama. Soalnya, tetep bisa menyebabkan head printer jadi kering lho.
3. Jangan lupa matikan printer kalo udah ga dipake. Selain hemat listrik, hemat energi, tentu saja hal ini akan mencegah menutupnya lubang-lubang aliran tinta dalam kepala printer.
4. Pergunakan secara maksimal dong, software-software yang sering disertakan bersama printer. Terutama untuk Software Clean Head untuk melakukan pembersihan Nozle Head secara teratur.
5. Nah, software yang sering disertakan bersama printer itu salah satunya adalah Diagnostic Tools. Yaitu software pertolongan tentang bagaimana merawat atau mengatasi permasalahan mengenai printer. Jangan lupa dipelajari yaaa. Mungkin aja informasi yang disediakan bisa menolong kita dalam mengatasi permasalahan printer inkjet.
6. Truss, walaupun printer sering dipakai, jangan lupa dibersihkan juga dari debu dan kotoran ya. Ga perlu tiap hari kok, minimal juga 2 minggu sekali. Truss, jangan biarkan ada benda asing masuk atau terjatuh kedalam printer anda. Oh ya, yang paling penting jangan menggunakan lap yang basah oleh air saat membersihkan printer inkjet ya.
7. Pake penutup printer yaaa, supaya printer kita terlindung dari debu. Bisa kok pake kain biasa biar tetep rapat tapi masih ada pertukaran udara. Kalo bisa siy jangan pake penutup dari plastik. Soalnya ga ada pertukaran udara, dan udara lembab dapat mempercepat kerusakan printer.
8. Biasakan menggunakan tombol on/off saat mematikan printer. Ini gunanya agar head printer akan kembali ke kedudukannya semula sehingga tinta ga mudah mengering. Jangan biasakan lho, mencabut kabel printer langsung saat mematikan printer.
9. Truss, waktu mencetak pastikan kertasnya yang masih halus yaa, jangan yang berlipat-lipat. Soalnya kan bisa tersangkut dan merusak roller pada printer. Belum lagi, kalo kita ga sabaran en narik kertas yang udah macet itu, wah mekaniknya kan juga ikutan rusak de.
10. Jangan pake kertas yang kotor atau berdebu yaaa. Kalo kita ngeprint pake kertas yang kotor atau berdebu, tentu saja mekanik penggerak kertas atau roller paper lebih cepat kotor dan ini bakalan nyebabin roller papernya lebih cepat aus/rusak dan mengakibatkan printer ga dapat menarik kertas.
Kalo roller paper udah terlanjur kotor. Kita dapat ngebersihin dengan Dura klin pada kertas HVS polos, terus print halaman kosong pada kertas tersebut, lakukan 4-5 kali atau gunakan tombol tray pada printer, untuk menarik kertas keluar.
11. Jangan iseng menyentuh bagian elektrik dari cartridge seperti chip maupun head dengan menggunakan jari ya. Karena, listrik statis pada tubuh terkadang dapat merusakan komponen. Kalo pengen ngebersihin bagian itu gunakan kertas tissue yang bagus lho. Soalnya, jika kita menggunakan kertas tissue dengan kualitas jelek justru akan meninggalkan partikel kertas dan berpotensi menyumbat nozzle head.
12. Tentu sering dong pake tinta refill, selain lebih ekonomis tentunya. Nahhh, kalo pake tinta refill, pakenya yang kualitasnya bagus lho.
13. Jangan mengisi cartridge terlalu penuh karena dapat menyebabkan kebocoran pada cartridge dan akhirnya ngerembet deeh pada motherboard printer.
14. Ketika mengganti Tinta, Cartridgenya dijaga dengan hati-hati ya. Soalnya, cartridge printer itu dipenuhi penghubung listrik yang halus, nah, benda ini mungkin rusak jika diperlakukan sembarangan. Bisa jadi sinyalnya dengan komputer menjadi putus atau hasil cetakannya buruk.
15. Gunakan merk tinta yang sama saat isi ulang/refill yaa. Kalopun berbeda, pastikan tinta pada cartridge udah benar-benar kosong/habis. Hal ini penting untuk menghindari adanya reaksi penggumpalan tinta akibat merk  tinta berbeda yang dapat menyumbat lubang tinta pada Head.
16. Khusus buat printer inkjet yang pake infus. Letakkan tangki tinta infus sejajar ato agak rendah sedikit dengan cartridge. Hal ini, buat menjaga agar tinta ga mengalir langsung ke cartridge waktu printer lagi ga dipake.
17. Jangan lupa lho, perhatiin wastepad (buangan tinta) printer. Ganti wastepad atau gunakan pembuangan luar sehingga tinta ga akan meleber di dalam printer en ngotorin printer yaaa…
18. Jangan iseng membuka cassing printer ya. Kan kita masih awam tentang komponen printer. Lebih baik, kalo printer inkjet kita bermasalah kita serahkan de buat diservice sama orang yang ahli daripada malah tambah rusak.
Wah, ternyata banyak juga ya hal-hal yang harus diperhatikan. Jangan cuma tau dipake buat diprint aja lho ya. Perawatan dan Penggunaan printer inkjet dengan cara yang benar tentu aja bisa membuat printer inkjet kita tahan lama dan awet dipake.

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik