Pages

Senin, 15 April 2013

Tips Cara Mendeteksi dan Penyebab Hardisk Bad Sector


Tips Cara Mendeteksi dan Penyebab Hardisk Bad Sector

0 komentar

Mendeteksi dan Penyebab Hardisk Bad Sector
Tips Cara Mendeteksi dan Penyebab Hardisk Bad Sector - Hardisk bad sector merupakan sebuah kerusakan pada bagian-bagian sektor pada hardisk. Sangat disayangkan bila kita mempunyai hardisk yang baru beberapa bulan kita beli tiba-tiba saja hardisk mulai tidak terdeteksi, tiba-tiba restart, kemudian shutdown tanpa ada pemberitahuan. Dan kejadian ini pernah IT Newbie alami, dimana saat sedang bermain game tiba-tiba komputer restart dan mati. IT Newbie mencoba menyalakan kembali namun saat booting komputer tidak respon dan memberikan pesan "system windows not found".

Penyebab Hardisk Bad Sector
  • Mematikan Komputer secara paksa tanpa melalui proses shutdown
  • Arus listrik yang tidak stabil
  • Penggunaan komputer yang terlalu lama tanpa adanya pendingin
  • Hardisk sering tergesek
  • Hardisk sering terbentur dan terjatuh
  • Sering melakukan install dan uninstall
  • Tidak pernah di defrag
Banyak hal terjadinya hardisk menjadi bad sector, namun jika dilihat dari dampak hardisk bad sector banyak sekali diantaranya yaitu Komputer sering restart, Sering shutdown, komputer menjadi lambat, dan lain sebagainya.

Dalam tutorial sebelumnya IT Newbie pernah membahas tentang Cara Memperbaiki Hardisk rusak karena bad Sector dan Cara Menganalisa Komputer yang Mati total dan Crash.

Dalam tutorial kali ini IT Newbie akan memberikan sedikit ilmu yang mungkin berguna untuk sobat semua, dalam penanganan dalam masalah hardisk yang terkena bad sector, IT Newbie biasa menggunakan software dalam mendeteksi kerusakan tersebut.

Sobat bisa mendapatkan software Surface Scanner di link berikut ini :
http://www.dtidata.com/windowssurfacescanner/

Software Surface Scanner ini dapat berjalan di windows XP, Windows 7 dan Windows 8. Fungsi dan kerja dari software Surface Scanner ini dapat menscan seluruh bagian pada hardisk dan membaca keseluruhan setiap permasalahan didalamnya. Software ini juga mendukung ATA, SATA dan USB.

Software ini bisa sobat dapatkan secara gratis alias free dan legal, namun software ini sebatas mendeteksi kerusakan bad sector pada hardisk bukan untuk memperbaiki bad sector.

Semoga tutorial Tips Cara Mendeteksi dan Penyebab Hardisk Bad Sector ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan sobat semua.
Salam IT Newbie.


Read more: http://www.it-newbie.com/2013/03/tips-cara-mendeteksi-dan-penyebab.html#ixzz2QV0VASSY

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik