Pages

Jumat, 12 April 2013

Teknologi 3G Vs 4G

Dalam perkembangan teknologi, khususnya jaringan intenet tentunya tidak bisa lepas dari jaringan 3G vs 4G. Teknologi 3G saat ini menjadi metode koneksi terbaik dunia ketika mendatangi ponsel, khususnya ponsel dan internet.

Teknologi 3G vs 4G ini memiliki kesinambungan, di mana 3G merupakan singkatan dari 3rd generation (generasi ke-3) yang merupakan jalur evolusi industri pada telepon seluler. Sedangkan 4G yang merupakan singkatan dari 4th generation (generasi ke 4) merupakan satu set standar yang sedang dikembangkan sebagai penerus masa depan 3G dalam waktu dekat.

Mari kita simak apa yang membedakan teknologi 3G vs 4G ini.

Penggunaan Teknologi 3G vs 4G

Dalam hal penggunaan, teknologi 3G lebih banyak penggunanya jika dibandingka dengan pengguna 4G khususnya di Indonesia. Apalagi di Indonesia sendiri pengembangan teknologi 4G belum dimaksimalkan.

Sebenarnya, hal yang menjadi perbedaan terbesar antara 3G vs 4G terletak pada keberadaan teknologi yang sesuai. Ada sekelompok teknologi yang jatuh di bawah 3G, misalnya WCDMA, EV-DO dan HSPA. Meskipun banyak perusahaan ponsel dengan cepat menjuluki produk mereka sebagai teknologi 4G, seperti LTE, WiMax dan UMB, namun tidak satupun yang benar-benar sesuai dengan spesifikasi yang ditetapkan oleh standar 4G. Teknologi ini sering disebut sebagai Pre-4G atau 3.9G.

Kecepatan 3G vs 4G

Jika kita berpacu pada singkatan dari 3G vs 4G sendiri, Anda mungkin bisa menyimpulkan sendiri bahwa 4G lebih canggih dan lebih baik dibandingkan dengan 3G. Umumnya, kecepatan maksimal yang dikeluarkan 3G saat ini adalah sekitar 14Mbps downlink danuplink 5,8Mbps. Agar dapat memenuhi syarat sebagai teknologi 4G, kecepatan hingga 100Mbps harus dicapai pengguna mobile dan 1Gbps untuk pengguna stasioner. Tetapi sejauh ini, kecepatan tersebut hanya bisa dijangkau dengan kabel LAN.

Jaringan Paket Switcing

3G merupakan campuran dari sirkuit dan jaringan paket switching, sementara 4G hanya berupa jaringan paket switching saja. Perubahan kunci lain dalam 4G yakni tidak menggunakannya switching circuit. Teknologi 3G menggunakan hibrida dari circuit switching dan packet switching. Circuit switching merupakan teknologi yang sangat tua yang digunakan dalam sistem telepon untuk waktu yang sangat lama.

Kelemahan teknologi adalah terikatnya sumber daya selama koneksi terus digunakan. Sedangkat packet switching adalah teknologi yang sangat lazim dalam jaringan komputer tapi kini muncul di dunia teknologi ponsel juga. Dengan packet switching, sumber daya hanya digunakan ketika ada informasi yang perlu dikirim, sehingga efisiensi packet switching memungkinkan perusahaan ponsel untuk meminimalkan percakapan lebih ke dalambandwidth yang sama. Teknologi 4G ini tidak akan lagi menggunakan circuit switching bahkan untuk panggilan suara dan panggilan video. Semua informasi yang dilewatkan akan dialihkan untuk meningkatkan efisiensi.

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik