Penyerangan di LP Cebongan Sleman Bisa Picu Ketakutan Masyarakat

Jakarta - Empat tahanan Polda Yogyakarta menjadi korban penembakan kelompok bersenjata. Aksi brutal tersebut dapat tergolong sebagai tindakan teror. Dampaknya, dapat menimbulkan ketakutan di tengah masyarakat.

Pendiri Public Virtue Institute (PVI) dan mantan Koordinator KontraS, Usman Hamid, menyayangkan serangan yang terjadi Sabtu (23/3/2013) dini hari itu. Dia beranggapan, serangan tersebut adalah serangan terhadap sistem hukum negara, karena mempertontonkan teror terhadap keamanan masyarakat.

"Teror yang dipertontonkan itu bisa saja berefek ganda, yaitu menimbulkan ketakutan terhadap masyarakat dan bukan tidak mungkin bisa memicu kelompok lain yang memiliki motif kriminal untuk melakukan replikasi penyerangan terhadap lembaga negara lainnya. Terlebih lagi, lembaga pemasyarakatan selama ini diketahui sebagai tempat bagi para pelaku kriminalitas menjalani hukumannya," ujar Usman dalam keterangan pers, Minggu (24/3/2013).

Meski ada tudingan kepada Korps Baret Merah di TNI sebagai pelaku penembakan dan sepenuhnya dibantah oleh Pangdam IV Diponegoro IV Diponegoro Mayjen Hardiyono Saroso bahwa bukan TNI yang ada di balik penyerangan itu, Usman tetap meminta pimpinan di tingkat kesatuan militer turun mencari fakta guna membuktikan dan menguatkan penolakan terhadap tudingan tersebut.

"Bukan hanya menyangkal keterlibatan anggotanya," kata Usman.

Dia meminta masing-masing instansi keamanan negara fokus kepada konsolidasi pasukan di level bawah guna menghindari gesekan antar instansi. "Masyarakat tentu sudah mulai cerdas dan bisa menggunakan berbagai kanal sosial media untuk mengabarkan informasi secara real time," ujarnya.

Kopassus sudah melakukan pengecekan internal terkait penyerangan yang mengakibatkan empat napi tewas di LP Cebongan, Sleman. Sejauh ini tidak ada keterlibatan angggota Kopassus dalam peristiwa tersebut.

"Sejauh ini tidak ada keterlibatan anggota kita," tegas Assintel Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus, Letkol Infantri Richard.

Popular posts from this blog

Kode Singkatan Komponen Listrik Dan Elektronik

Cara Mengatasi E31 Canon MP258

Cara Mengukur Trimpot