Pages

Kamis, 18 April 2013

Pendidikan Agama dalam Al – Qu’ran



            Pendidikan adalah sesuatu yang sangat esensisal bagi kehidupan manusia, karena secara fitrah manusia sebagai makhluk paedagogig yaitu makhluk yang dapat di didik dan dapat mendidik, guna mengembangkan potensi yang ada pada dirinya sehingga menjadi manusia yang berkualitas dan berdayaguna bagi kehidupan.
            Sesuai dengan jiwa dan nilai ajaran Islam mengenai pengetahuan dan kecerdasan manusia, maka setiap usaha Ilmu pengetahuan harus di kembangkan dengan tujuan untuk mencerdaskan manusia sehingga mempunyai peluang lebih besar untuk memahami dan menuyadari dirinya di tengah-tengah keserba-adaan  alam dan jagat raya. ( Munir, 1993:47 ).
            Dalam tata Bahasa Indonesia, kata pendidikan terdiri dari kata didik  yang mendapatkan awalan per dan akhiran an.  Kata tersebut sebagaimana dijelaskan dalam  Kamus Umum Bahasa Indonesia  adalah perbuatan mendidik (Purwadarmita,1991:250). Pengertian ini memberikan kesan bahwa kata ini lebih mengacu pada cara melaksanakan sesuatu perbuatan dalam hal ini mendidik. Selain kata pendidikan dalam Bahasa Indonesia terdapat pula kata pengajaran. Kata ini sebagaimana dijelaskan pula oleh Purwadarmita adalah cara mengajar atau mengajarkan. Kata lain yang serumpun dengan kata tersebut adalah mengajar yang berarti, memberi pengetahuan atau pelajaran ( Purwadarmita,1991: 22).
            Sementara dalam konteks Islam istilah pendidikan pada umumnya mengacu pada term al-tarbiyah, al-ta'dib, dan al-ta'lim. Dari ketiga istilah tersebut term yang populer digunakan dalam praktek pendidikan Islam ialah term al-tarbiyah. Sedangkan term al-ta'dib dan al-ta'lim jarang sekali digunakan. Pada hal kedua istilah tersebut telah digunakan sejak awal pertumbuhan pendidikan Islam (Nizar, 2002:25).
Kendatipun demikian, dalam hal-hal tertentu, ketiga term tersebut memiliki kesamaan makna. Namun secara esensial, setiap term memiiliki perbedaan, baik secara tekstual maupun kontekstual. Untuk itu, perlu dikemukakan uraian dan analisis terhadap ketiga trem pendidikan Islam tersebut dengan beberapa argumentasi tersendiri dari beberapa pendapat para ahli pendidikan Islam.

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik