Pages

Sabtu, 06 April 2013

Mengubah Dunia Dengan 3D Printing


Pernahkah Anda membayangkan Anda bisa membuat mobil dengan menggunakan printer? Ya, itulah 3D Printing. Additive Manufacturing atau lebih dikenal dengan 3D Printing adalah sebuah proses untuk membuat objek konkrit 3 dimensi dengan bentuk apapun dari model digital yang ada. Teknik dari 3D Printing ini perlahan-lahan memasuki dunia modern dan mengubah dunia.
Teknologi ini digunakan dalam perhiasan, alas kaki, industri desain, arsitektur, engineering, otomotif, aerospace, industri medis, pendidikan, geografi, sistem informasi dan masih banyak bidang lainnya.


Bahkan teknik ini juga digunakan di film Jackie Chan yang berjudul CZ12 dalam mereplikasi patung.

Dalam teorinya, sangatlah menarik untuk melihat kemampuan dari 3D Printers dimana Anda dapat me-print bentuk 3 Dimensi apapun yang Anda inginkan. Dimulai dari sepatu, mainan, perhiasan sampai dengan MOBIL.

SEJARAH
Apa yang disebut dengan 3D Printing sekarang ini pada awalnya dikenal dengan rapid prototyping selama bertahun-tahun. Engineer akan mendesain file CAD lalu mengirimkannya ke mesin untuk membuat benda nyatanya.

Teknik 3D Printing ini sebenarnya telah ada sejak lama, tapi sayangnya material yang digunakan tidaklah cukup kuat untuk disebut sebagai sebuah produk hanya sebuah model untuk menggambarkan bentuk nyatanya.

Mereka mulai berhasil sejak perusahaan desain 3 Dimensi berhasil menemukan material baru yang disebut nanocomposite, gabungan dari berbagai material plastik dan besi. Jadi Anda dapat merasakannya menyerupai besi.

Berdasarkan penemuan inilah maka kita dapat membantu banyak bidang, seperti membuat bagan-bagian mobil yang rusak, membuat organ tubuh untuk aplikasi medis dan sebagainya.

BISA MENGUBAH DUNIA?

Tapi apakah teknik 3D Printing menggunakan 3D Printer ini benar-benar akan mengubah dunia? PBS Off Book telah membuat film dokumentasi pendek mengenai bagaimana 3D Printing akan mengubah dunia. Berikut filmnya.

CARA KERJANYA
Agar Anda mengerti bagaimana ini bekerja, jangan bayangkan bagaimana printer biasa bekerja. Printer biasa hanya akan menempelkan tinta di kertas, tapi 3D Printer akan menimpa lapisan demi lapisan di atas yang lain untuk menciptakan objek nyata dan konkrit.
Cara pembuatannya-pun mudah untuk objek yang sudah umum, kecuali untuk objek kompleks yang desainnya-pun rumit.

Untuk objek yang sudah umum Anda dapat me-download atau mengunduh file desain secara online dan memodifikasinya lalu me-printnya, atau Anda juga dapat me-scan objek yang sudah ada menggunakan 3D scanner untuk mendapatkan file awal.

Sedangkan untuk objek yang kompleks, mungkin Anda harus mendesain objek tersebut secara 3 Dimensi dalam bentuk file CAD, melihat bagaimana proses print-nya barulah Anda dapat me-print objek  tersebut. Untuk objek yang kompleks akan memakan waktu yang lebih lama.

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik