Pages

Senin, 22 April 2013

Mempercepat Windows 8

Ada berbagai cara mempercepat windows 8, windows 8 lebih baik dari windows pendahulunya seperti windows xp maupun windows 7 terutama pada saat booting. Boot time yang dibutuhkan windows 8 lebih singkat disbanding dengan windows 7. Apalagi jika anda menggunakan type hardisk SSD (solid state drive).
Secara umum untuk cara mempercepat windows 8 yang dilakukan adalah penambahan hardware seperti memory, processor atau semacamnya. Tapi setelah saya mencoba windows 8, dengan melakukan beberapa perubahan pada setup windows 8 bisa di gunakan sebagai cara mempercepat windows 8 tanpa menambah atau mengganti hardware.
windows 8 desktop
windows 8 desktop

Cara mempercepat windows 8

Tips # 1 – Aktifkan Startup Cepat / fast startup

fast startup adalah fitur baru dari Windows 8 yang membantu booting komputer sangat cepat. Ada banyak aspek teknis di balik fitur ini dan saya tidak akan menjelaskan secara rinci di sini, tetapi pada dasarnya Windows tidak memuat semua system dari awal saat boot up, yang membuat waktu boot lebih pendek.

Tip # 2 – Optimalkan Drives anda

Langkah selanjutnya Cara mempercepat windows 8 adalah dengan menggunakan fitur Optimalkan Drives di Windows 8, pada dasarnya fiture mempecepat komputer windows 8 ini adalah pengganti fiture Disk Defragmenter yang ada pada windows 7 dan windows sebelumnya.
Semakin banyak fiture yang aktif akan semakin banyak rescue hardware yang digunakan, apalagi memory maupun processor. Berbagai fiture seperti animasi, bayangan dan efek-efek visual lainnya terkadang tidak dibutuhkan selain dari mempercantik tampilan windows 8. Nonaktifkan fiture ini untuk mempercepat windows 8, caranya klik kanan pada desktop komputer pilih Properties kemudian advance system setting.
Pada menu dialog System Properties, klik pada Lanjutan tab, dan kemudian klik setting.
klik Adjust for best performance , yang pada dasarnya akan menonaktifkan semua efek animasi.

Tips # 3 – Produk Startup

Sama dengan semua versi Windows sebelumnya untuk cara mempercepat windows 8, Anda perlu menonaktifkan semua item startup yang tidak berguna. Alih-alih menggunakan msconfig yang digunakan untuk mengkases menu strartup pada windows sebelumnya, sekarang pada windows 8  Anda akan menemukan item startup dalam Task Manager .
Yang keren dari Windows 8 adalah bahwa hal itu juga memberi dampak Startup , sehingga Anda dapat dengan cepat melihat mana item startup yang paling memperlambat system anda.

Tips # 4 Close Open Apps

Terakhirdan yang paling penting cara mempercepat windows 8, Anda harus mengawasi aplikasi Metro yang telah berjalan. Tidak seperti aplikasi desktop, tidak ada cara cepat untuk melihat berapa banyak aplikasi yang Anda buka. Anda harus memindahkan mouse anda ke sisi kiri layar untuk melihat aplikasi metro terbuka dan kemudian secara manual klik kanan pada masing-masing  aplikasi yang terbuka.
Untuk mempermudah langkah tersebut silahkan ke Pengaturan PC (klik pada Settings dan kemudian klik pada Settings PC Swicth) dan klik General , Anda akan melihat pilihan di bawah App Switching  dengan nama Delete History.
Cara ini akan jelas menutup semua aplikasi yang sedang terbuka pada daftar item di sidebar, ini sangat terbuka karena terkadang aplikasi terbuka sampai 10 item dan itu sangat berpengaruh pada kecepatan windows 8  pada komputer dengan hardware yang pas-pasan.

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik