Pages

Sabtu, 13 April 2013

Membuat wallpaper dengan adobe photoshop



Membuat wallpaper
Wallpaper dalam dunia digital dikenal sebagai sebuah gambar yang digunakan sebagai latar belakang dari sebuah tampilan layar, walpaper sering disebut sebagai background layar komputer atau handphone. Ukuran wallpaper ini bisa berbeda pada masing-masing perangkat yang digunakan, biasanya tergantung teknologi dari layar dan perangkat pendukung tampilan lainya. Anda bisa baca referensi ukuran layar standard berikut :
  • Ukuran Standard Layar Komputer
  • Ukuran Standard Layar Televisi
  • Ukuran Standard Layar perangkat mobile
Sebenarnya wallpaper untuk komputer ataupun handphone ini bisa anda dapatkan secara gratis dengan bantuan pencarian google images, akan tetapi wallapaper tersebut belum tentu sesuai dengan apa yang anda sukai. Apalagi bagi anda yang ingin menampilkan gambar tertentu seperti photo keluarga atau gambar idola anda sebagai wallpaper.
Pada tutorial ini saya akan berbagi bagaimana cara membuat wallpaper dengan adobe photoshop agar ukuran serta susunan gambar bisa sesuai dengan keinginan anda. Pastikan anda sudah memasang aplikasi adobe photoshop di komputer anda. Versinya bebas boleh yang lama atau yang terbaru. Mari kita mulai dari langkah awal yaitu :

Menentukan ukuran wallpaper

Dalam menentukan ukuran wallpaper, kita harus mengetahui dulu ukuran layar yang akan kita gunakan. Misal untuk komputer, rata-rata komputer sekarang menggunakan ukuran 1024 x 768. Atau jika anda membuatnya untuk handphone, silahkan mencari di google dengan kata kunci "ukuran wallpaper merk dan seri handphone" misal "ukuran wallpaper N97" atau "ukuran wallpaper BB Torch" atau anda gunakan kata kunci pencarian yang sesuai.
Setelah anda ketahui, sekarang anda jalankan adobe photoshop, kemudian buat file baru dengan memilih menu, file --> new atau menekan tombol ctrl + n. Maka akan muncul tampilan seperti berikut :
membuat file baru photoshop
Silahkan isikan isian yang sudah saya tandai merah. Seperti contoh : wallpaper adalah nama canvas/file, kemudian anda coba lihat pilihan ukuran gambar yang ada di preset, cari yang sesuai denga yang anda perlukan. Jika tidak tersedia lanjutkan mengisi nilai width (lebar) dan height (tinggi) dalam ukuran pixel. Dan terakhir isikan resolution.
Resolution adalah tingkat kepadatan gambar, semakin tinggi nilainya maka gambar lebih halus dan ukuran file biasanya juga besar. Untuk keperluan wallpaper kita cukup menggunakan 72. Lanjutkan dengan menekan OK.

Membuat warna dasar wallpaper

Untuk membuat warna dasar wallpaper, kita bisa gunakan dua cara. Pertama warna solid (1 warna) dan kedua gradient (lebih dari 1 warna). Untuk itu kita bisa gunakan toolbox yang tersedia di photoshop. Lihat gambar berikut :
memilih warna
Pada gambar nomor 1 diatas tersedia 2 pilihan, kita bisa pilih gradient tool untuk memberi warna gradian atau paint bucket tool untuk warna solid. Untuk menggunakan gradient tools, cukup anda klik icon, kemudian pilih warna yang sudah tersedia (pada gambar no.3) atau anda bisa tentukan kombinasi warna dengan mengklik ikon nomor 3. Setelah warna anda tentukan, klik drag(tarik) pada area canvas, maka canvas akan dipenuhi dengan warna gradian.
Jika menggunakan paint bucket tool, anda tinggak klik ikon gambar ember, kemudian pilih warna pada area nomor 2, dan klik ke canvas.

Menyisipkan gambar/tulisan utama

Jika wallpaper cuman warna saja tentunya kurang indah dan kurang menarik, sekarang kita sisipkan gambar. Caranya :
Pilih menu file, open, kemudian pilih gambar dari komputer anda, lalu tekan tombol open. Kemudian tekan keyboard ctrl+A untuk memilih semua area gambar. Jika hanya sebagain gambar, gunakan fasilitas Rectangular Marquee Tools pada bagain Tools, lalu pilih area gambar yang akan anda masukkan dalam wallpaper. Setelah terplih (ada garis titik-titik pada area gambar), tekan keyboard ctrl+c untuk mengkopi area gambar tersebut.
Memilih bagian gambar
Setelah itu, close/tutup gambar. Lalu kita berpindah ke canvas yang sebelumnya sudah kita beri background. Pada canvas tersebut, tekan ctrl+v untuk menempel/paste gambar yang tadi kita copy. Sesuaikan posisi gambar yang anda sukai, dan atur ukuran gambar jika terlalu besar dengan menekan keyboard ctrl+t, dan jika selesai klik 2x pada gambar.
Anda bisa menambahkan lebih dari 1 gambar, dengan mengulangi langkah-langkah diatas.
Untuk menambah tulisan, anda bisa gunakan text tools, kemudian klik 1x ke area yang akan ditulisi. Atur ukuran atau jenis tulisan pada bagian atas area kerja.
Misal hasil akhir seperti ini :
contoh wallpaper

Menyimpan file wallpaper

Setelah semuanya selesai, sekarang kita simpan. Format menyimpanya sebaiknya jpg bukan psd. Tekan ctrl+s atau pilih menu file dan save, kemudian pilih tempat penyimpanan dan jenis file yang kita inginkan, lalu tekan tombol save.

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik