Membuat Shortcut “Abort” atau Pembatalan Darurat di Windows 7

Dalam kondisi tertentu komputer lambat dalam merespon perintah sistem untuk restart atau shutdown. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi lambatnya respon komputer, di antaranya adalah temperatur komputer yang terlalu panas karena durasi kerja yang panjang, adanya bad sector pada harddisk, rendahnya kapasitas memory yang tersisa karena terlalu banyak digunakan oleh aplikasi dan services, beban komputer yang terlalu berat atau juga karena adanya kerusakan sistem yang tidak terdeteksi secara kasat mata.
Sayangnya pada kondisi tersebut pengguna sangat tidak direkomendasikan untuk memaksa komputer dengan cara menekan tombol start dengan maksud mematikan komputer tanpa proses yang semestinya, menunggu bukanlah suatu pilihan lain yang lebih baik, bahkan pada beberapa komputer yang terjadi adalah blue screen error. Tapi ternyata ada satu alternatif solusi yang dapat kita coba yakni dengan membuat sebuah tombol Abort atau pembatalan darurat pada saat komputer lambat merespon perintah restart atau shutdown.
  • Pertama-tama klik kanan pada desktop Anda kemudian arahkan mouse ke menu New dan klik pilihan Shortcut.
  • Ketikkan perintah di bawah ini:
shutdown.exe -a
  • Kemudian klik tombol Next.
  • Selanjutnya beri nama shortcut Anda, dalam test and run ini kita pake Abort sebagai nama shortcut.
  • Maka kemudian akan muncul shortcut bernama Abort di desktop komputer Anda, klik kanan dan klik Properties. Klik menu tab Shortcut dan klik tombol Change Icon.
  • Anda akan melihat sebuah pop up peringatan, klik saja tombol OK untuk melanjutkan.
  • Pada kotak Look for icons in this file isikan path berikut: %windir%\System32\imageres.dll kemudian tekan enter.
  • Kemudian pilih ikon yang Anda inginkan sebagai ikon shortcut Abort. Klik tombol OK setelah selesai.
  • Terakhir klik tombol OK.
Sekarang Anda dapat menggunakan shortcut tersebut apabila Anda mengalami situasi di mana komputer tidak merespon perintah restart atau shutdown sebagaimana mestinya. Tentu Anda sangat mengerti berapa lama waktu yang dibutuhkan komputer Anda untuk merespon perintah, jika melebihi batas waktu, gunakan shortcut ini untuk membatalkan perintah.

Popular posts from this blog

Kode Singkatan Komponen Listrik Dan Elektronik

Cara Mengatasi E31 Canon MP258

Cara Mengukur Trimpot