Jenis dan Macam-macam Ponsel Menurut Fitur dan Spesifikasinya

Perbedaan Ponsel Biasa, Feature Phone dan Samart Phone

Ponsel biasa
Ponsel biasa merupakan ponsel generasi pertama. Ponsel ini hanya dibekali fitur sederhana. Yaitu hanya mengutamakan fungsi utama ponsel sebagai alat untuk melakukan panggilan dan mengirim SMS dan sedikit fungsi tambahan seperti kalkulator, agenda dan alarm. ponsel jenis ini biasanya memiliki daya tahan baterai yang sangat bagus dan kuat. Ada yang bilang, ponsel biasa ini termasuk ke dalaman handphone jadul.

Contoh Ponsel Biasa adalah: Nokia 1280, Nokia C1-00

Feature Phone
Feature Phone merupakan jenis ponsel yang berada satu tingkat di atas ponsel biasa. Banyak kalangan menyebutkan bahwa feature phone merupakan transisi antara ponsel biasa dengan smartphone. Feature phone termasuk dalam ponsel generasi ketiga yang sudah dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan. Misalnya dengan dibekali kamera yang mempu mengabadikan gambar dengan resolusi tinggi.

Feature phone juga sudah mendukung berbagai games dan aplikasi java. Seiring dengan kemajuan teknologi, lambat laun feature phone juga semakin tampak seperti smartphone baik aplikasi maupun fasilitas layar sentuh yang disematkan. Feature phone menyasar segmen menengah ke bawah dan dibanderol dengan harga 1 juta ke bawah.

Contoh Feature Phone adalah: Nokia X2-02, Sony Ericsson Elm - Hazel, Samsung S5610

Smartphone (Ponsel Pintar)
Ponsel pintar atau lebih sering disebut smartphone merupakan ponsel generasi terakhir yang dibekali teknologi canggih sehingga sudah menyerupai fungsi komputer. Smartphone berjalan dengan menggunakan sistem operasi layaknya komputer yang mampu menjalankan ribuan aplikasi atau pun game. Smartphone juga mempunyai kemampuan untuk terhubung dengan internet secara real time baik dengan jaringan 3G maupun WiFi.

Smartphone juga dilengkapi dengan prosesor yang berkecepatan lebih tinggi dari pada feature phone mulai dari single core sampai quad core. Selain konektivitas smartphone juga tersemat kemampuan bernavigasi dengan GPS dan juga Map. Dengan segudang kemampuan yang dimilikinya tak heran jika sebuah smartphone dibanderol dengan harga yang sangat mahal

Contoh smart phone banyak sekali, pokoknya yang ada kata Android, Symbian, Windows Phone, BlackBerry dan iOS itu adalah smartphone, misalnya: Motorola Razr V, Sony Xperia Sola, Samsung Galaxy Ace 2, Nokia 808 PureView, BlackBerry Curve 9220, iPhone 4S dan masih banyak lagi untuk lengkapnya bisa sobat baca disini.

Popular posts from this blog

Kode Singkatan Komponen Listrik Dan Elektronik

Cara Mengatasi E31 Canon MP258

Cara Mengukur Trimpot