Pages

Kamis, 18 April 2013

Istilah Al-Tarbiyah



Penggunaan istilah al-tarbiyah berasal dari kata rabb. Walaupun kata ini memiliki banyak arti, akan tetapi pengertian dasarnya menunjukkan makna tumbuh, berkembang, memelihara, merawat, mengatur, dan menjaga kelestarian atau eksistensinya (Nizar.2002:24-26).
Kata Tarbiyah dalam bahasa arab. Kata ini sering digunakan oleh para ahli pendidikan Islam untuk menterjemahkan kata pendidikan dalam bahasa Indonesia. Sebuah buku dikarang Mohammad Athiyah Al-Abrasyi yang berjudul Tarbiyah Islamiyah misalnya, diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh Prof H. Bustami A. Ghani dan Johar Bahry dasar-dasar pokok pendidikan Islam(Ghani dan  Bahry, 1974:15 ).
Dalam penjelasan lain, kata al-tarbiyah berasal dari tiga kata yaitu: pertama, rabba yarbu yang berarti bertambah, tumbuh, dan berkembang   (Q.S. Arrum:30:39). Kedua, rabiya yarbaberarti menjadi besar. Ketiga, rabba yarubbu berarti memperbaiki, menguasai urusan, menuntun, dan memelihara.
Kata rabb sebagaimana yang terdapat dalam Q.S. Al-Fatihah, 1: 2 mempunyai kandungan makna yang berkonotasi dengan istilah al-tarbiyah. Sebab kata rabb (Tuhan) dan murabbi (pendidik) berasal dari akar kata yang sama. Berdasarkan hal ini, maka Allah dalam pendidik yang Maha Agung bagi seluruh alam semesta (Syaibany.1979:41).
Uraian diatas, secara filosofis mengisyaratkan bahwa proses pendidikan Islam adalah bersumber pada pendidikan yang diberikan Allah sebagai"pendidik" seluruh ciptaan-Nya, termasuk manusia. Dalam konteks yang luas, pengertian pendidikan Islam yang dikandung dalam term al-tarbiya terdiri atas empat unsur pendekatan, yaitu: 1) memelihara dan menjaga fitrah anak didik menjelang dewasa (baligh). 2) mengembangkan seluruh potensi menuju kesempurnaan. 3) mengarahkan seluruh fitrah menuju kesempurnaan. 4)  melaksanakan pendidikan secara bertahap (Nizar.2002:26).
Penggunaan term al-tarbiyah untuk menunjuk makna pendidikan  Islam dapat dipahami dengan merujuk firman Allah (Q.S. Al-Isra' 17:74)

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik